oleh

Pemkab Talaud, Ayo Perhatikan Asrama Mahasiswa Mulai Rusak

-Berita, Daerah-1.489 views

Talaud, Barta1.com — Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud diminta untuk memperhatikan mahasiswa asal talaud yang sedang menimba ilmu di luar daerah, Jumat (25/10/2019). Aspirasi yang disampaikan oleh mahasiswa kepada pemerintah daerah ini mencakup beberapa hal berupa keamanan, beasiswa dan pemaksimalan asrama mahasiswa yang ada di Tondano.

Apalagi srama yang dibangun beberapa tahun silam ini belum ditempati karena tidak selesai dibangun. Apalagi kondisi asrama yang kosong ini mulai rusak. Ketua Gerakan Mahasiswa Talaud, Riwan Rapitan meminta agar pemerintah daerah harus memperhatikan putra/putri daerah yang saat ini sedang menimba ilmu di luar daerah.

“Pemerintah harus mampu memberikan perhatian lebih kepada mahasiswa talaud yang menuntut ilmu di daerah-daerah lain, baik itu pemberian beasiswa kepada mahasiswa Yalaud yang orang tuanya berpenghasilan menengah ke bawah dan juga pembenahan bahkan penambahan asrama untuk mahasiswa,” kata Riwan Rapitan.

“Karena selama ini pemerintah hanya membuat asrama mahasiswa yang ada ditondano tetapi belum layak untuk ditempati oleh mahasiswa,” tambah dia.

Tak hanya itu, Rapitan juga menyentil masalah keamanan bagi mahasiswa asal Talaud, mengingat sudah beberapa kali terjadi kasus kekerasan bagi mahasiswa asal talaud.

“Soal keamanan perlunya kerjasama dari Pemda Talaud dengan pihak keamanan setempat Polres/maupun Lurah, Hukum tua hingga kepala lingkungan. Keamanan mahasiswa sangat perlu diperhatikan melihat rentetan peristiwa yang terjadi kebanyakan yang jadi korban mahasiswa asal Talaud,” tukas Rapitan.

Senada dengan itu, Ketua Rukun Hikmat, Juliandri Pasoi mengatakan, pemerintah daerah wajib memperhatikan keberadaan mahasiswa asal Talaud yang sementara menimba ilmu di Unima Tondano.

“Aspirasi kami terkait pemaksimalan asrama mahasiswa Talaud dan beasiswa atau bantuan studi terhadap mahasiswa Talaud yang ada di Tondano,” ujar Pasoi. “Ini sudah menjadi harapan kami sejak dulu, agar pemerintah Talaud dapat membantu dan memberikan peran terhadap keberhasilan mahasiswa dalam meraih gelar sarjana. Karena ini juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan SDM yang nantinya akan memberikan perubahan serta warna baru dalam memajukan Kabupaten Talaud ke depannya,” ungkap Pasoi.

Menanggapi hal ini, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Talaud, Jacob Gumolung-Mangole SE mengatakan, dirinya menerima dan mendengarkan aspirasi yang disampaikan oleh mahasiswa. Bahkan, aspirasi ini akan dikaji dan dibicarakan dengan pemerintah daerah.

“Kami akan perjuangkan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah karena untuk penganggaran harus sesuai dengan kemampuan keuangan daerah dan peraturan perundang-undangan agar tidak melanggar hukum,” jelas Mangole.

Terkait keamanan mahasiswa, legislatif akan mendorong eksekutif untuk berkomunikasi dengan pemerintah di daerah tersebut dan meminta agar supaya peristiwa yang terjadi diusut secara tuntas. (*)

Peliput : Evan Taarae

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed