oleh

Workshop Jurnalistik, Cara SMA Negeri 1 Manado Membentuk Karakter Siswa

Manado, Barta1.com – Banyak cara dilakukan SMA Negeri 1 Manado membentuk karakter anak didik merek. Salah satunya dengan menggelar workshop jurnalistik, Senin (21/10/2019).

Sebanyak 60 siswa menerima materi terkait pers dan jurnalistik. Kemudian materi reportase, wawancara dan menulis berita. Tak ketinggalan juga diberikan materi soal pemahaman siswa menyaring berita hoax dan berita benar.

“Pembentukan karakter siswa didik sangat penting dilakukan dan ditanamkan di era milenial ini. Jurnalistik adalah ilmu yang harus diketahui oleh para siswa,” ujar Kepala SMA Negeri 1 Manado, Dra Sherly Kalangi MSi.

Dengan workshop jurnalistik para siswa bisa merubah karakter mereka menjadi lebih baik. “Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencegah peredaran hoax yang semakin masif di tengah masyarakat dan mencegah siswa agar sembarangan menyebarkan berita hoax,” katanya.

Kadis Pendidikan Daerah Sulut, Dr Grace Punuh yang membuka pelatihan menyampaikan salut dengan terobosan SMA Negeri 1 Manado. “Tak banyak sekolah yang mampu membuat workshop jurnalistik seperti ini. Dan bagi siswa yang ikut workshop, kalian sangat beruntung mendapat membekalan dan wawasan dari kakak-kakak jurnalis. Dari ribuan siswa di SMA Negeri 1 Manado kalian terpilih sehingga belajar dan simak baik-baik apa yang disampaikan para jurnalis. Itu ilmu yang harus dipegang teguh,” ujarnya.

Para siswa yang ikut workshop sangat antusias. Setelah menerima materi dan dilanjutkan dengan praktek membuat berita, terlihat kemampuan mereka membuat berita yang dipandu Yoseph E Ikanubun, Felly Taung, Julkifly Madina, Agustinus Hari, Eric Tambuwun, Mikael Labaro, Dion, Harto Marentek dan kawan-kawan. “Ternyata asyik juga jadi wartawan,” ujar mereka.

Peliput: Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed