oleh

Kiprah PT Yudhistira Ghalia Indonesia Majukan Dunia Pendidikan Sulut

Manado, Barta1.com – Jurnalis Pendidikan Sulut sukses menggelar workshop bertema Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pelatihan Jurnalistik di SMA Negeri 1 Manado, Senin (21/10/2019).

Kegiatan yang dibuka Kadis Pendidikan Daerah Sulut, dr Grace Punuh Mkes didampingi Kepala SMA Negeri 1 Manado, Sherly Kalangi tak lepas dukungan dari PT Yudhistira Ghalia Indonesia. Sebuah perusahaan penerbit profesional dalam bidang buku pelajaran sekolah dan perguruan tinggi.

Kepala Cabang Manado PT Yudhistira Ghalia Indonesia, Budi Setyono SE mengatakan pendidikan karakter adalah suatu hal yang sangat ditekankan dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. “Selama ini seakan terlupakan karena pendidikan karakter sangat penting dalam membangun SDM yang unggul,” ujarnya.

Kata dia mengejar kemampuan intelektual memang dapat menghasilkan manusia yang pintar tapi belum tentu berahlak baik. “Dengan adanya pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Manado, lulusan sekolah ini dapat mengembangkan potensi dirinya yang dapat mengkolaborasikan antara ilmu pengetahuan, kesadaran, kemauan, kompetensi dan aura baik yang ada dalam dirinya untuk diimplementasikan di era globalisasi ini,” katanya.

Setyono juga mengatakan, memang di era ini banyak konten yang tidak jelas kebenarannya (hoax) yang beredar dengan bebasnya. “Cara yang paling mudah untuk menangkal kebohongan di facebook, instagram, dan whatsup dengan tidak membagikan ke teman, dan tidak membagikan ke orang lain berita tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, meski berita tersebut merupakan sebuah kebohongan yang lama kelamaan kebohongan itu diyakini sebagai kebenaran karena disebarkan secara terus menerus. “Saya menganjurkan siswa tidak mempelajari sesuatu tanpa petunjuk, bimbingan guru atau ahlinya,” katanya.

Dia juga mengatakan peran penerbit Yudhistira dalam memajukan pendidikan di Sulut tentu harus bekerja sama dengan pemerintah daerah yang berusaha memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan di Sulut bagi kebutuhan pendidik maupun peserta didik.

“Ini sesuai dengan visi Yudhistira mendharmabaktikan diri pada dunia perbukuan untuk berperan serta mencerdaskan kehidupan bangsa guna meningkatkan sumber daya manusia khususnya Sulut dan di Indonesia pada umumnya,” ujarnya.

Ditambahkan adapun misi Yudhistira di dunia pendidikan yaitu menciptakan buku bermutu untuk memenuhi sarana pendidikan bangsa, memenuhi kebutuhan pelanggan dengan memberikan pelayanan terbaik melalui jaringan distribusi yang luas dan kuat.

“Kami juga akan menumbuhkan perusahaan yang sehat secara berkesinambungan dari tahun ke tahun,” pungkasnya.

Peliput: Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed