oleh

Jabes Gaghana Ajak 25 Legislator Sinergi Membangun Sangihe

Sangihe, Barta1.com —Sebanyak 25 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Sangihe mengikuti Orientasi dan Pendalaman Tugas di Swiss Bell Hotel Manado, Senin (14/10/2019). Masa orientasi sejak 14 hingga 18 Oktober 2019 itu, dihadiri Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana salah satu pemateri utama.

Melalui materinya Gaghana menjelaskan pemahaman Visi dan Misi yang dulunya disebutkan dalam ajang Pilkada bukan lagi milik Bupati dan Wakil Bupati, tetapi menjadi Visi dan Misi besama yang harus dijalani. Gaghana menambahkan karakteristik Sangihe sebagai daerah perbatasan yang memiliki 4 pulau terluar memiliki nilai-nilai budaya dalam kehidupan keseharian sebagai gambaran landasan penyelenggaraan pemerintahan.

“Jadi dengan kondisi ini, sinegritas dalam membangun daerah sangat perlu dijaga, ada beberapa rancangan pembangunan yang telah dan sedang dilaksanakan agar dapat memenuhi harapan masyarakat,” Tuturnya.

Bupati juga mengajak pihak legislatif dalam mengawal pembangunan, baik dari sisi perencanaan sampai ke pelaksanaannya dilakukan dengan cara bersama-sama untuk membawa sangihe menuju perubahan.

“Ada beberapa pengembangan kawasan sesuai dengan persentase program menjadi perhatian dari pemerintah pusat, dan Tahun 2020 mendatang ada milyaran rupiah dana APBN yang akan mengalir ke Sangihe,” ungkapnya, sembari mengajak masalah tersebut sebagai perhatian bersama.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Sangihe Aris Pilat mengatakan, orientasi merupakan perintah undang-undang sebagai pembekalan dalam kesinambungan pelaksanaan tugas dan tanggung
jawab yang diemban setiap anggota dewan.

“Ini merupakan perintah undang-undang sehingga orientasi wajib diikuti semua anggota dewan, baik anggota incumbent maupun anggota dewan yang baru kali pertama duduk di DPRD,” kata Pilat.

Pelaksanaan orientasi ini merupakan kerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sulawesi Utara, sekaligus menyiapkan narasumber untuk penyampaian materi. (*)

Peliput : Rendy Saselah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed