oleh

Tawuran FISIP vs Hukum Unsrat: Mahasiswa Diliburkan

Manado, Barta1.com – Rektor Universitas Sam Ratulangi Ellen Kumaat tak mau mengambil resiko dan bakal jatuh korban ketika tawuran antar mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP) dan Fakultas Hukum kembali terjadi, Senin (7/10/2019) sore.

Melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Ronny Gosal langsung meliburkan mahasiswa dua fakultas berdekatan tersebut. “Iya untuk sementara kami liburkan mahasiswa sejak Selasa hingga Jumat. Kebijakan itu untuk menghindari hal-hal yang lebih parah lagi yang terjadi. Jadi tidak ada kegiatan proses belajar-mengajar, ada konsekwensi lain bagi mahasiswa misalnya tak bisa ikut ujian itu tanggungjawabnya sendiri,” ujar Gosal ditemui wartawan tadi malam.

Dirinya menyebutkan sebelum kejadian sore itu pihaknya sedang menggelar rapat dengan wakil-wakil dekan dari dua fakultas itu guna mencari solusi. Bahkan, lanjutnya, rapat sudah hampir selesai namun tiba-tiba diberitahukan bahwa sudah terjadi lagi tawuran. “Ada beberapa hal yang sebenarnya kita bicarakan yang pertama kita mengevaluasi peristiwa Jumat lalu,” kata Gosal.

Langkah selanjutnya? Pihaknya berencana dalam satu dua hari ini ada melakukan pertemuan dengan pimpinan Fakultas Hukum dan FISIP bersama-sama dengan pimpinan-pimpinan organisasi mahasiswa. Kemudian rencananya Jumat doa bersama.

“Yang Kristen kita sudah rencana di Gereja Unsrat, Muslim di Masjid Unsrat dan yang Katolik di Aula Fakultas Hukum,” katanya.

Selain mengatasi secara internal, Gosal mengatakan, sudah meminta pihak kepolisian untuk mengusut tuntas persoalan itu. “Sudah tentu kami menyerahkan masalah ini kepada pihak kepolisian menyelidikinya,” ujarnya.

Diketahui, tawuran sebelumnya terjadi pada Jumat (4/10/2019) lalu diduga masalah pemilihan BEM Unsrat. Hingga semalam polisi dari Polres Manado masih berjaga-jaga di seputaran dua fakultas itu dibawa pimpinan Kapolres Kombes Benny Bawensel. Juga terlihat Dekan FH Unsrat Dr Flora Kalalo SH MH berdialog dengan aparat kepolisian.

Peliput: Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed