oleh

Hadapi Akreditasi, Puskesmas Dapalan Matangkan Persiapan

-Berita, Daerah-1.052 views

Talaud, Barta1.com — Menghadapi proses akreditasi dalam rangka pelayanan dan kesehatan pasien, perlindungan masyarakat dan kesehatan lingkungan dan kinerja Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Petugas Puskesmas Dapalan melakukan kerja bakti bersama masyarakat Desa Dapalan, Dapihe dan Tuabatu Barat di seputaran lokasi Puskesmas, Selasa, (24/09/2019).

Ada beberapa hal yang dikerjakan oleh petugas Puskesmas bersama warga yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa (Kades) masing-masing, berupa perbaikan papan nama Puskesmas, pengecatan dan melukis dinding dan pembersihan pekarangan.

Kepala Puskemas Dapalan Adriana Latjandu mengatakan, kerja bakti ini dalam rangka akreditasi yang akan dilaksanakan pada awal bulan Oktober. “Kerja bakti ini merupakan salah satu persiapan dalam menghadapi akreditasi pada awal bulan Oktober,” ungkap Latjandu.

Lanjutnya, Akreditasi ini merupakan penilaian dari komisi akreditasi nasional di bidang kesehatan.

Terpisah, Donald N. Larenggam, pendamping akreditasi puskesmas menuturkan, kalau terakreditasi, itu menandakan bahwa fasilitas kesehatan sudah terstandard untuk melayani masyarakat. Mulai dari bangunan, sarana prasarana, tenaga kesehatan kemudian proses pelayanan.

Larenggam menambahkan, akreditasi itu sudah menjadi peraturan pemerintah. Rencana pemerintah pusat bidang kesehatan bahwa setiap puskesmas, minimal 1 puskesmas di setiap kecamatan harus terakreditasi.

“Peraturan Kemenkes terbaru tentang jaminan kesehatan nasional itu sangat diwajibkan bahwa fasilitas kesehatan tingkat pertama termasuk tingkat puskesmas harus terakreditasi seperti yang tertuang dalam Permenkes nonor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas,” terang Larenggam saat ditemui di kantor Dinkes Talaud.

Sementara itu, Kepala Desa Dapalan, Musa Tundu mengatakan, keterlibatan dirinya bersama kepala desa lainnya dalam kerja bakti ini merupakan bentuk keterpanggilan untuk bersama-sama memajukan Puskesmas yang ada di Ibukota Kecamatan Tampan’amma ini.

Karena menurut dirinya bila Puskesmasnya maju, pelayanan kesehatan masyarakat juga akan maksimal. (*)

Peliput : Evan Taarae

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed