oleh

Bicara Kabinet Presidensial di FH Unsrat, Mahfud Ingatkan Presiden Jokowi

Manado, Barta1.com – Profesor Mahfud MD menyampaikan sistem presidensial di Indonesia sudah dipakai sejak tahun 1945. Banyak juga negara-negara yang menganut sistem ini.

“Memang sistem presidensial di Indonesia sudah dimodifikasi. Presiden, kongres atau parlemen memiliki kedudukan sejajar dan sifatnya tidak bisa saling menjatuhkan,” kata Mahfud dalam Seminar Nasional bertajuk ‘Kabinet Presidensial dalam Sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia’ digelar Fakultas Hukum Unsrat Manado, Rabu (18/9/2019).

Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2013 berharap desain dan proses pembentukan kabinet yang akan dipimpin Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat ini sesuai dengan jiwa dan semangat presidensial berdasarkan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Postur kabinet dan komposisi menteri diharapkan akan membentuk kabinet yang efektif. Kabinet proposional sesuai program kerja dan urusan yang diatur melalui konstitusi UUD,” katanya.

Dekan Fakultas Hukum Unsrat Manado, Dr Flora Kalalo menyampaikan sebuah kebanggaan bagi Fakultas Hukum Unsrat mendapat kehormatan atas kunjungan pakar hukum Indonesia, Prof Dr Mohamad Mahfud MD SH SU.

“Kabinet Presidensial dalam Sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia bukan sesuatu yang baru didengar namun bukan sedikit bangsa ini yang masih ingin lebih mengetahui tentang Kabinet presidensial karena selalu menarik untuk dibahas terlebih lagi menjelang pelantikan presiden dan penentuan kabinet hal ini akan menjadi makin hangat diperbincangkan,” kata mantan Pembantu Rektor ini.

Terlihat hadir dalam seminar tersebut, dosen dan mahasiswa FH Unsrat. Lalu mahasiswa IPDN, Forkopimda Sulut, pegiat kepemiluan Sulut dan masyarakat umum.

Peliput: Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed