oleh

Pendapat Politisi Dekot Manado Soal Kemitraan dengan Eksekutif

-Berita, Polmas-1.571 views

Manado, Barta1.com — Sejumlah anggota Dewan Kota (Dekot) Manado menyampaikan perspektifnya, usai mengikuti orientasi hari terakhir bertema hubungan kerja antara DPRD, kepala daerah dan fungsi, tugas serta wewenang, Sabtu (14/09/2019) di Swissbel Hotel Maleosan Manado.

Politisi PDIP Ronny Jonas Makawata hubungan antara eksekutif dan legislatif tidak hanya berpotensi menimbulkan konflik, tetapi juga dapat berbentuk kolutif yang diwarnai dengan money politic.

“Bidang-bidang kegiatan yang berpeluang untuk terjadinya money politic, yaitu dalam proses pemilihan kepala daerah, penyusunan RAPBD, penyusunan keuangan DPRD, penyusunan Ranperda, pengawasan oleh DPRD, pertanggungjawaban kepala daerah dan pengangkatan sekretaris daerah,” kata Jonas.

Menurut dia, selama ini masih sering ditemukan adanya persepsi yang berbeda antara pihak eksekutif dan legislatif daerah. Kondisi itu dikhawatirkan dapat menimbulkan disharmoni, disebabkan oleh belum terbangunnya tata hubungan atau mekanisme yang terstruktur dalam pelaksanaan tugas dan wewenang antara kedua lembaga pemerintahan ini.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kedua lembaga baik itu legislatif maupun eksekutif harus bersinergi untuk menciptakan tata pemerintahan yang baik,” ungkap Jonas

Legislator dari PKS Suyanto Yusuf menjelaskan, hubungan kemitraan bermakna antara pemerintah daerah dan DPRD adalah sama-sama mitra sekerja dalam membuat kebijakan untuk melaksanakan otonomi sesuai dengan fungsi masing-masing. Sehingga menurut dia di antara kedua lembaga itu membangun suatu hubungan kerja yang sifatnya saling mendukung bukan merupakan lawan ataupun pesaing satu sama lain dalam melaksanakan fungsi masing-masing.

“Segala aktivitas yang dilaksanakan oleh eksekutif berdasarkan pada desain pembangunan dan alokasi pembiayaan yang memerlukan persetujuan DPRD,” jelas Suyanto.

Sementara itu Frederik Tangkau, legislator Partai Nasdem menjelaskan bukan masyarakat demokrasi ketika proses pemerintahannya tanpa didasari adanya kerjasama atau bermitra. (*)

Peliput: Albert. P. Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed