oleh

HMPS Ekonomi Syariah IAIN Manado Tingkatkan Kualitas Karya Tulis

Manado, Barta1.com — Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi ( HMPS) Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam, IAIN Manado melaksanakan satu agenda kegiatan dalam peningkatan kualitas karya tulis mahasiswa di lingkungan kampus, baru-baru ini.

Kegiatan yang dibuka Dekan FEBI Dr Rosdalina Bukido MHum antusias diikuti ratusan mahasiswa baru angkatan 2019. Acara yang berlangsung di Aula FEBI IAIN Manado dihadiri kurang lebih 100 mahasiswa baru dua prodi di FEBI, yakni mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah dan Prodi Perbankan Syariah.

Dalam sambutannya Rosdalina menyampaikan, memahami tata cara menulis di perguruan tinggi sangat penting dalam menunjang perjalanan akademik seorang mahasiswa.

“Mahasiswa harus mampu menyampaikan ide, pendapat dan bahkan backup argumentasi melalui tulisan. Dan selanjutnya bahwa pembelajar yang baik adalah yang mampu mengikat ide dan pendapatnya yang disertai argumentasi akademik tentu dengan tulisan.

Hadir sebagai mentor dalam penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Islam IAIN Manado adalah salah satu alumni Fakultas Syariah dan Hukum IAIN Manado, Muhammad Iqbal Suma, SHI. Iqbal adalah salah satu mahasiswa Pascasarjana IAIN Manado dan juga seorang peneliti dan penulis beberapa buku yang berkaitan dengan ilmu syariah.

Iqbal secara detail menjelaskan bagaimana kriteria karya tulis ilmiah mahasiswa yang baik dan benar. Bagaimana mekanisme menulis sebuah karya ilmiah, jenis-jenis publikasi ilmiah. Iqbal secara lugas menerangkan dengan memberikan contoh publikasi yang bisa diakses mahasiswa sebagai contoh yang baik dalam menulis.

Selain itu, Iqbal juga mendampingi para mahasiswa baru ini dengan langsung praktik penggunaan teknologi informasi sebagai alat bantu bagi mahasiswa. Ini akan memudahkan mereka dalam mendapatkan sumber referensi yang semakin mudah didapatkan di era sekarang ini.

“Hal yang terpenting dalam pelatihan singkat ini adalah bagaimana etika menulis karya ilmiah mahasiswa yang sesuai dengan standar ilmiah sebuah karya ilmiah,” pungkas Iqbal. (*)

Peliput: Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed