oleh

Mengintip Sidang Gugatan Mantan Dirut PD Pasar Terhadap Walikota Manado

Manado, Barta1.com – Sidang gugatan pra peradilan terkait pemberhentian mantan Direktur Utama PD Pasar Manado, Ferry Keintjem terhadap Walikota Manado, Vicky Lumentut, kembali digelar di Pengadilan Tata Usaha Negara Manado, Kamis (12/9/2019).

Agenda sidang keenam kali ini yakni kelengkapan surat bukti baik penggugat maupun tergugat. Hanya saja, kelengkapan surat bukti yang diajukan para penggugat dinilai belum lengkap oleh Majelis Hakim dikarenakan ada beberapa berkas yang masih kurang.

Bagaimana tanggapan Ferry Keintjem? Ia menyebutkan sidang keenam ini digelar secara terbuka dengan durasi 30 menit. Dipimpin langsung Majelis Hakim 14, Anang Susenk Hadi, Salman K Alfarisi dan Irfan Tahir.

“Sebagai penggugat kami akan melengkapi surat bukti yang dinilai masih kurang pada sidang lanjutan Kamis (19/09/2019) depan. Termasuk juga menghadirkan beberapa saksi yang sudah disiapkan,” katanya pada Barta1.com.

Keintjem menyebutkan pihaknya menggugat Walikota Manado terkait pemberhentian dan pengangkatan direksi sesuai SK Walikota Nomor 42, tanggal 25 Januari 2019, dimana sebagai penggugat melihat ada banyak kejanggalan yang terjadi,” ujarnya.

Dirinya menegaskan, pemberhentian sebagai direksi dan pengangkatan direksi yang baru ada prosesnya. “Setelah kami melihat dari aturan pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD jelas berisikan tentang prosedur pengangkatan dan pemberhentian dilihat dari Pasal 56, 57 dan 58 tentang pengangkatan. Sedangkan Pasal 60 sampai Pasal 64 tentang pemberhentian, sehingga kami sebagai penggugat merasa ada kejanggalan,” katanya.

Dari enam kali sidang digelar dua diantaranya sidang tertutup, empat sidang terbuka, termasuk agenda pemasukan kelengkapan bukti surat.

“Pada minggu depan, kami akan menghadirkan saksi ahli maupun saksi fakta agar sidang bisa berjalan dengan baik. Pasti ada argumen-argumen dari pihak yang digugat, tetapi semua keputusan ada pada Majelis Hakim,” jelas Keintjem sembari menambahkan gugatan ini penting agar tidak ada lagi korban berikutnya yang bernasib seperti dirinya.

Kuasa Hukum Walikota Manado, Vicky Lumentut, Semmy Mananoma SH MH memperlihatkan bukti suratnya. Ia mengatakan acara pembuktian dari pihak penggugat maupun tergugat telah diklarifikasi oleh Majelis Hakim. “Dan pihak penggugat masih belum siap dalam hal pembuktian surat bukti. Sedangkan surat kami sebagai tergugat lebih lengkap diajukan dalam persidangan. Kita tunggu saja pada sidang berikut menyangkut tambahan bukti,” katanya.

Menurutnya, perkara ini berjalan dengan baik tinggal bagaimana menentukan apakah gugatan penggugat ini melampaui waktu berdasarkan ketentuan Undang-Undang TUN atau tidak.

“Kalau masuk dalam pokok perkara apakah keputusan yang dikeluarkan Walikota Manado terhadap penggugat yang kemarin sebagai direktur dan kemudian menjabat lagi sebagai ketua badan pengawas, apakah itu sesuai prosedur yang berlaku? Kan di Tata Pengadilan Negara ini hanya masalah administrasinya saja,” pungkas Semmy.

Peliput: Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed