oleh

Terobosan Imigrasi Manado Menunjang Pariwisata Sulut

Manado, Barta1.com – Kantor Imigrasi Klas I Manado, menggelar sosialisasi keimigrasian bersama stakeholder pariwisita, di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Selasa (10/09/2019).

Kegiatan bertema “Bersama Pasti Bisa Mencapai Pariwisita Super Prioritas Sulut Hebat” diikuti 70 peserta, bertujuan untuk membangun dan mensukseskan program Pemprov Sulut yaitu menarik minat para turis mancanegara.

Kepala Imigrasi Manado, Friece Sumolang mengatakan intinya Imigrasi mendukung program pariwisita lewat bidang keimigrasian. “Mulai dari tempat pemeriksaan Imigrasi sampai urusan keimigrasian saat hendak kembali ke negara asal. Itu adalah tugas kami,” ujar Sumolang.

Sosialisasi ini pun diharapkan dapat menambah wawasan terkait keimigrasian, kaitannya dengan pariwisita dan tentu dengan stakeholder lainnya. “Sehingga dalam melaksanakan tugas masing-masing di bidang pariwisata sebagai leading sektor memiliki tujuan yang sama yaitu untuk kemajuan pariwisata Sulut,” ungkapnya.

Kakanwil Kemenkumham Sulut, Effendi Perangin-angin menyampaikan Kota Manado adalah pintu masuk Sulawesi Utara, dan sebagai garis depan adalah Kantor Imigrasi Klas Manado.

“Salah satu terobosan saat ini adalah mendorong pertumbuhan ekonomi lewat menarik para wisatawan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Sulut,” paparnya.

Dia berharap dari terobosan tersebut, bisa meningkatkan investasi ke Sulut. Dampaknya berupa pendapatan kas daerah dan terutama meningkatkan pendapatan masyarakat. “Meski demikian, diantara ramainya pariwisata saat ini, tidak boleh dikesampingkan juga tanda awas yang muncul sehingga perlu ada langkah-langkah antisipatif yang diambil,” ujarnya.

Effendi menambahkan, penting juga untuk meminimalisir dampak negatif yang muncul. “Untuk itu penting ada sinergitas antara stakeholder demi menciptakan pelayanan yang terbaik,” pungkasnya.

Turut Hadir dalam kegiatan itu Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Tomohon, Wulan Roeroe, Kadis Pariwisata Kota Kotamobagu, Telma Ololah, Kadis Pariwisata Minahasa, Teddy Sumual MAP. Ada juga Kepala BEA dan Cukai Kota Manado, Nick Valdo, Ketua Association Of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Sulut, Melisa Sualang, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sulut, Jhony Lieke, Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Sulut, J Emor, dan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonezia (PHRI) Sulut, Majunaidi Paputungan.

Peliput: Albert P Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed