oleh

Anggota DPRD Sulut dari PSI Dilantik Pakai Pin Rp75 Ribu

Manado, Barta1.com – 45 Anggota DPRD Sulawesi Utara periode 2019-2024 resmi dilantik, di Gedung DPRD, Kairagi, Manado, Senin (9/9/2019).

Menarik perhatian ketika Anggota DPRD asal PSI, Melky Jakhin Pangemanan tidak menggunakan pin berbahan dasar emas, tapi kuningan. Ketua PSI Sulut ini tak canggung saat penyematan pin yang berbeda pin dengan 44 personil dewan lainnya.

“Saya tidak pakai yang disiapkan Sekretariat Dewan (Setwan). Saya beli sendiri dengan harga murah Rp75 ribu saja dengan bahan kuningan. Kan yang disiapkan Setwan pin emas. Kalau tidak salah anggaran untuk pin Rp 450 juta. Coba dicek. Makanya diluar sana akademisi dan masyarakat juga protes. Saya pilih yang harga Rp75 ribu saja,” ujarnya.

Melky menyebutkan identitas anggota dewan berupa pin atau lencana tidak mempengaruhi kinerja seorang anggota dewan dalam menjalankan tugasnya. “Sama sekali tidak ada korelasi dengan peningkatan kinerja seorang anggota dewan. Banyak hal yang seharusnya menjadi prioritas DPRD untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat bukan sibuk menggunakan pin,” katanya.

Diketahui anggaran pelantikan anggota DPRD Sulut periode 2019-2024 terbilang cukup fantastis, yakni mencapai Rp 1 miliar lebih. Anggaran tersebut sudah tertata dalam APBD tahun 2019.

Kabag Persidangan DPRD Sulut, Ronny Geruh mengatakan telah menganggarkan Rp 280 juta untuk makan dan minum, biaya tenda dan sebagainya. “Uang Rp 280 juta itu sudah mencakup beberapa komponen sudah termasuk makan dan minum, honor, alat tulis kantor, sewa tenda, kursi dan sebagainya sudah masuk dianggaran tersebut,” ujarnya.

Dilain pihak, Kabag Umum Sekretariat DPRD Sulut, Jackson Ruaw mengatakan juga telah menganggarkan Pakaian Sipil Lengkap (PSL) dan pengadaan pin berbahan dasar emas. Totalnya Rp 765 juta dan sudah sesuai aturan.

“Rinciannya, untuk anggaran PSL per orangnya adalah Rp 7 juta dikali 45 anggota, jadi total Rp 315 juta. Pin anggota dewan per orang Rp 10 juta dikalikan 45 anggota dewan, total Rp 450 juta,” kata Jackson.

Penulis: Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed