oleh

Rektor Unsrat Singgung Peringkat 27 Indonesia di Acara Halal Bihalal

Manado, Barta1.com – Civitas akademika Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menggelar halal bihalal di Auditorium Unsrat Manado, Rabu (21/08/2019). Kegiatan itu dirangkaikan dengan penerimaan mahasiswa baru muslim bertema: mempererat persaudaraan, persatuan dan solidaritas sebagai cerminan Unsrat yang unggul dan berbudaya.

Rektor Unsrat Prof Dr Ellen Kumaat menyampaikan halal bihalal adalah suatu kegiatan khas Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan tali silaturahim bertemunya umat muslim dan juga yang berbeda agama. “Itu disalurkan dalam sebuah kegiatan halal bihalal,” ujarnya.

Ellen menyebutkan kegiatan seperti ini harus dipertahankan dan ditingkatkan di Civitas Akademika Unsat. Rektor dua periode ini, menambahkan Unsrat masuk peringkat 27 terakreditasi dari 3500 perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia.

“Untuk itu, saya berterimakasih kepada Civitas Akademik Unsrat, guru besar, para dosen, mahasiswa dan seluruh stakeholder yang ada,” katanya.

Kesempatan itu Rektor IAIN Manado, Delmus P Salim memberikan kuliam umum. “Sejarah halal bihalal dibentuk, dilakukan dan dilaksanakan pertama kali sebagai bentuk mencairkan suasana antara para politisi yang ada tingkat nasional,” ujarnya.

Delmus mencoba menceritakan awal mulanya halal bihalal. Yakni dari Presiden pertama Soekarno merasa kewalahan bahwa perselisihan politik dan perbedaan pendapat dalam menyelesaikan persoalan bangsa dan kemudian oleh salah satu tokoh agama diusulkan diadakan sebuah kegiatan yang bisa mempertemukan semua tokoh politik nasioal dalam bentuk silahturahim yang diberi nama halal bihalal. “Itu kisah awal munculnya halal bihalal,” beber Delmus.

Ketua Panitia, Dr Ir Jailani Husain Msc mengatakan halal bihalal di Civitas Akademika Unsrat dilaksanakan setahun sekali yang dirangkaikan dengan penerimaan mahasiswa beru yang beragama muslim yang jumlahnya mencapai 800 mahasiswa.

Jailani mengungkapkan kegiatan hari ini dirangkaikan dengan penyampaian hasil Lomba Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Banda Aceh, Agustus kemarin. Dan Unsrat sendiri masuk semi final dari dua ribu perguruan tinggi se- Indonesia.

Ada juga prestasi lainya pada lomba debat Bahasa Inggris, cerdas cermat Al-Qur’an yang masuk semi final, Tilawati Quran dan Kaligrafi. “Biar tidak juara, tapi kebangaan kami sudah ada yang masuk final. Dan lainya masuk 17 besar melewati ribuan perguruan tinggi yang ada di Indonesia,” ujar Jaelani sembari menambahkan pihak kampus, melalui Wadir III, Ronny Gosal sangat mendukung setiap kegiatan mahasiswa.

Dosen Fakultas Pertanian ini, mengharapkan halal bihalal ini terus-menerus sebagai kegiatan rutin serangkaian dengan pertujukan prestasi yang sudah dicetak mahasiswa. “Khususnya kegiatan akademik baik ditingkat lokal, regional maupun nasional guna mengangkat nama baik Unsrat,” pungkas Jaelani.

Peliput: Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed