oleh

BWSS 1 dan KPS Bersihkan Enceng Gondok Danau Tondano

Minahasa, Barta1.com — Pembersihan enceng gondok di Danau Tondano Kabupaten Minahasa masih terus diupayakan kelompok masyarakat peduli lingkungan. Kali ini pelaksananya adalah anggota Komunitas Peduli Sungai (KPS), bekerja sama dengan lembaga pemerintah pusat dan kabupaten.

Puluhan anggota komunitas KPS bersama staf Balai Wilayah Sungai Sulawesi I atau BWSS1, terlibat dalam upaya pembersihan enceng gondok pada Rabu (14/08/2019). Kepala BWSS1 M Silaghudin menjelaskan, kegiatan itu dilakukan dalam rangkaian menyambut HUT RI ke-74, atau perayaan kemerdekaan 17 Agustus 2019.

“Kegiatan seperti ini adalah agenda dalam rangkaian menyambut ulang tahun RI, selanjutnya akan dilakukan lagi nanti bulan November,” ujar Silaghudin.

Sebagai lembaga yang bekerja di wilayah air tanah, BWSS 1 berupaya menggugah kepedulian berbagai pihak untuk mengawal kelestarian sumber daya air. Apalagi menurut warga setempat, air Danau Tondano menjadi tumpuan masyarakat dalam aktivitas sehari-hari.

“Dengan adanya aksi pengangkatan eceng gondok, kami sangat terbantu karena bisa leluasa untuk mandi, mencuci dan mencari ikan bagi nelayan di sini,” ucap Harlen Mewengkang, warga Toulour.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Wenny Talumewo mengatakan pemerintah kabupaten mengapresiasi kegiatan positif di wilayah danau.

“Jika kita memandang ini masalah bersama maka permasalahan eceng gondok ini akan segera terselesaikan,” Ungkap Wenny mari

Sedangkan Monica Roringkon dari Komunitas Sekolah Kuala Manado, berharap pemerintah mencari inovasi terkini untuk mengatasi enceng gondok di Danau Tondano. Apalagi kata dia masalah yang ditimbulkan tanaman gulma itu telah cukup lama dihadapi.

“Pengangkatan eceng gondok pada hari ini dibantu dua alat berat, dan bisa mengangkat eceng gondok sebanyak 5 truk,” kata Monica. (*)

Peliput: Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed