oleh

Aksi Bakar Ban Massa Elly Lasut-Moktar Parapaga Tuntut Pelantikan

Talaud, Barta1.com – Ratusan massa pendukung Bupati dan Wakil Bupati Talaud terpilih, Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga berdemo di Kantor Bupati Talaud, Selasa (14/8/2019).

Massa yang datang lebih banyak jumlahnya dari aksi sebelumnya memadati lapangan Kantor Bupati. Bahkan, selang beberapa saat kemudian halaman kantor Bupati dipenuhi dengan kepulan asap hitam akibat pembakaran ban oleh massa aksi.

Dalam aksi ini, Renato Tumara salah satu pimpinam aksi membacakan pernyataan sikap yang terdiri dari beberapa poin. “Kami pendukung Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga sebagai masyarakat kabupaten Kepulauan Talaud menyatakan bahwa seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud dalam keadaan kondusif. Kemudian, pendukung Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga sebagai representasi masyarakat tanah Porodisa mempertanyakan kepada Menteri Dalam Negeri dan Gubernur Sulut, mengapa sampai saat ini belum ada edaran mengenai jadwal pelantikan, dalam arti terjadi penundaan pelantikan,” ujar Renato.

Kemudian kata dia, pendukung Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga menuntut Mendagri dan Gubernur Sulut untuk segera melantik Elly Engelbert Lasut dan Moktar Arunde Parapaga sebagai Bupati dan Wakil Bupati Talaud sesuai jadwal yang ditentukan.

“Mengingat telah dikeluarkannya Surat Keputusan Mendagri Nomor 13171-2750 Tahun 2019 dan Nomor 132.71-2751 Tahun 2019 tentang pengesahan dan penetapan Bupati Talaud. Sehingga tidak melanggar Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua Undang-Undang Nomor 1 tahun 2016 tentang penetapan Perpu Nomor 1 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota,” katanya.

Dia menambahkan, pernyataan sikap ini dibuat tanpa unsur politis demi menjaga kondusifnya daerah ini dan demi memperlancar sistem pemerintahan di Kabupaten Kepulauan Talaud yang sampai saat ini hanya dipimpin Sekretaris Daerah sebagai Pelaksana Harian Bupati yang seyogyanya sudah harus dipimpin oleh Bupati dan Wakil Bupati definitif susuai hasil Pilkada 2018, sehingga akan mempercepat pembangunan.

Peliput: Evan Taarae

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed