oleh

Menimbang Hengky Kawalo di Posisi Pimpinan DPRD Manado

-Berita, Polmas-5.099 views

Manado, Barta1.com — Kursi Ketua DPRD Kota Manado sudah pasti milik PDIP. Ini berkat kesuksesan parpol berlogo banteng moncong putih itu meraup perolehan suara mayoritas saat Pilcaleg barusan. Kemudian kondisi itu terakumulasi pada 10 kursi di dewan, atau terbanyak dibanding partai lainnya.

Dibanding Pilcaleg edisi 2014 tahun ini perolehan kursi PDIP Manado naik lumayan signifikan, dari 6 menjadi 10 legislator. Tapi fenomena menarik yang terjadi, hanya 2 dari 6 politisi muka lama yang bertahan dan akan dilantik menjadi anggota DPRD Manado 2019-2024 pada 14 Agustus 2019. Keduanya, selain Ketua PAC Singkil Jonas Ronny Makawata juga Hengky Kawalo. Nama terakhir adalah peraih suara besar di dapil panas Wenang-Wanea.

Selebihnya; Aaltje Dondokambey, Andre Gerungan, Jimmy Gosal, Jeane Laluyan, Jean Sumilat, Christie Masengi, Zakarias Tatukude dan Rosalita Manday adalah muka-muka baru.

Sudah 3 periode menduduki kursi wakil rakyat di Tikala membuat Hengky dikenal sebagai sosok politisi yang sarat pengalaman. Beberapa rekannya di DPRD malah menimbang figur seperti dia paling pantas ditetapkan partai sebagai ketua dewan.

Benny Parasan, politisi gaek di dewan menyatakan PDIP sepatutnya mempertimbangkan Hengky Kawalo di posisi tersebut. Bukan apa-apa, kata dia, sebagai legislator yang juga telah cukup lama menghuni DPRD Benny telah menilai kinerja kawannya itu

“Hengky itu sudah kenyang pengalaman, dia juga paham tata kelola dan etika politik. Saya kira pantas bila didudukkan di kursi Ketua DPRD Manado,” ujar Benny.

Lebih jauh setahu dia setiap partai tentu punya mekanisme yang akan memutuskan siapa ketua dewan. Salah satu pertimbangan tentu dari segi pengalaman.

“Ada yang mekanismenya suara terbanyak, tapi tentu kita tidak bisa melupakan unsur pengalaman politisi itu karena memang akan sangat berpengaruh di posisi sestrategis ketua DPRD. Ini saya kita alasan kuat yang bisa dipertimbangkan PDIP agar menempatkan Hengky Kawalo,” jelas Benny.

Bagi kader akar rumput, pilihan terhadap Hengky Kawalo sebagai ketua dewan kota Manado juga disebut akan membawa banyak keuntungan bagi partai dan fraksi.

“Dan jangan lupa bahwa kita akan menghadapi agenda Pilkada Manado tahun depan, dengan Hengky memegang posisi ketua tentu akan membuat kekuatan PDIP lebih solid khususnya dalam parlemen,” ujar Hendra Baramuli dan Rudy Umar, kader PDIP di Kecamatan Singkil. (*)

Peliput: Albert P. Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed