oleh

Cara Walikota Manado Tingkatkan Kesejahteraan Guru Honorer

Manado, Barta1.com – Pemerintah Kota Manado melalui Walikota Manado, Vicky Lumentut mengeluarkan Surat Keputusan (SK) kepada guru-guru berstatus Tenaga Harian Lepas (THL) atau honorer. Tujuannya guna meningkatkan kesejahteraan para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut. Dan tak tanggung-tanggung memberikan gaji sebesar Rp 2,5 juta per bulan.

“Saya mengangkat 364 guru THL sesuai SK Walikota Manado agar mereka bisa sejahtera,” kata Vicky Lumentut didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Manado, Daglan Walangitan saat menemui para guru THL di Aula Pemkot Manado, Senin (12/8/2019).

Dia mengatakan, pembayaran gaji akan dicairkan pada awal Sebtember 2019. “Semoga guru honorer ini semakin sejahtera,” kata walikota dua periode ini.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Manado, Daglan Walangitan menjelaskan, gaji mereka akan dihitung dari Januari hingga Agustus 2019 atau selama 8 Bulan.

“Program Walikota Manado ini juga sebelumnya telah dilakukan pemberian beasiswa bagi 10 ribu siswa miskin baik SD maupun SMP di Kota Manado,” ungkap Walangitan.

Ini adalah program yang baik dari Walikota Manado untuk membantu masyarakat Manado dalam peningkatan ekonominya. “Tunjukkanlah kerja kalian dengan baik dan bisa mendukung semua program Pemkot Manado,” beber mantan Kepala SMK Negeri 1 Manado ini.

Jolanda Angeliea Tumbel, salah satu guru THL yang bertugas di SD Negeri 100 Manado, didampingi saudaranya yang juga guru THL, Cicilia Angelein Tumbel mengaku sangat senang sekali bisa mendapatkan SK Walikota sehingga gajinya bisa naik. “Jujur saja, kami senang sekali bisa memperoleh SK Walikota dengan gaji Rp 2,5 juta per bulan,” katanya.

Sebelum mengantongi SK Walikota Manado, dia hanya menerima gaji Rp 300 ribu per bulan dari sekolah. Itupun diambil melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). “Gaji Rp 300 ribu mana mungkin bisa memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari. Tapi dengan SK Walikota ini maka ekonomi saya akan terbantu. Saya berterima kasih kepada Walikota Manado,” ujarnya.

Diketahui, dalam pertemuan Pemkot Manado bersama para guru THL SD dan SMP, Walikota Manado, Vicky Lumentut didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Manado, Daglan Walangitan, Kabid Pembinaan SD, Triana Almas dan Kabid Pembinaan SMP, dan Jongke Mogonta.

Peliput : Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 comment

News Feed