oleh

DPRD Sahkan APBD Perubahan 2019 Kota Manado

Manado, Barta1.com – Rapat paripurna DPRD Kota Manado terhadap Ranperta APBD Perubahan 2019, Ranperda Ketentraman dan Ketertiban Umum, dan Laporan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan Pimpinan dan Anggota DPRD Periode 2014-2019 digelar di Ruang Sidang DPRD Kota Manado, Senin (5/8/19) Malam.

Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua Danny Sondakh didampingi Ketua Nortje Van Bone dan Richard Sualang. Dihadiri Walikota Vicky Lumentut, Wakil Walikota Mor Bastian, Sekretaris Kota Mikler Lakat, Kepala SKPD, Camat, Lurah Se-Kota Manado.

Pembacaan surat-surat yang masuk kelembaga dewan yang dibacakan oleh Sekretaris Dewan Steven Rende, perihal pemberitahuan pembentukan Ranperda.

Laporan penyampaian Tingkat II Terhadap Ranperda tentang APBD-P 2019, yang dibacakan Benny Parasan selaku juru bicara Badan Anggaran (Banggar).

Sedangkan laporan hasil pembahasan Panitia Khusus (Pansus) terhadap Ranperda tentang ketertiban umum, yang bacakan Ketua Pansus, Syarifudin Saafa.

Setelah membacakan dua laporan Ranperda itu, Sondakh meminta tanggapan dan persetujuan 6 fraksi yakni Fraksi Partai Demokrat, Fraksi PDIP, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi Hanura, dan Fraksi PAN. Dan akhirnya 6 fraksi menyetujui dan mengesahkan keputusan Rapat Paripurna DPRD Manado.

Kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara persetujuan bersama dan surat keputusan dua Ranperda itu oleh Walikota Vicky Lumentut, bersama pimpinan dewan.

Vicky Lumentut mengatakan agenda pembicaraan tingkat II terhadap Ranperda APBD-P 2019 dan Ranperda Ketenteraman dan Ketertiban Umum dirinya percaya bahwa kemajuan diraih dari sebuah proses dalam konteks tata kelola pemerintahan.

“Proses tersebut dialami bersama Pemkot Manado dengan DPRD Manado. Penyusunan, pembahasan, ketetapan, penetapan kebijakan-kebijakan yang menghasilkan peraturan-peraturan daerah merupakan bagian dari tahapan dan proses. Dengan sebuah tujuan menghadirkan perbaikan kemajuan dan pada akhirnya kebaikan untuk masyarakat Kota Manado,” katanya.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Manado.

Anggota DPRD Manado, Hengky Noch Kawalo mengatakan keputusan tentang Ranperda APBD-P 2019 telah disepakati dan diparipurnakan. “Paripurna tingkat II APBD-P angka Rp 2.012.000.000.000 yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) kurang lebih Rp 412.000.000.000. Kami berharap angka ini bisa dimaksimalkan dan terdistribusi dengan baik kepada semua SKPD sehingga kegiatan-kegiatan SKPD bisa berjalan dengan mutu dan transparansi,” jelas Sekretaris Komisi A DPRD Manado.

Peliput : Albert Piterhein Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed