oleh

Gol Maitimo-Gonzales Kalahkan Sulut United di Bali

Manado, Barta1.com – Bogor FC (BFC) Sulut United kembali menelan pil pahit. Bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, melawan tamunya PSIM Yogyakarta, Eksel Runtukahu dan kawan-kawan kalah 1-2 dalam lanjutan Liga 2 Indonesia Grup Timur.

Sulut United bertindak sebagai tuan rumah setelah batal melakoni laga kandang di Stadion Klabat Manado karena tidak mendapat izin keamanan dari Polda Sulut. Hal itu menyusul dua agenda yang digelar bersamaan: Manado Fiesta dan pemecahan rekor dunia selam oleh Wanita Selam Indonesia (WASI) dipimpin istri Kapolri, Tri Tito Karnavian di Manado.

Gol kedua tim dicetak Rafael Maitimo pada menit 14 babak pertama. Sedangkan gol kedua PSIM dari kaki pemain naturalisasi lainnya Christian Gonzales di menit 50. Gol penghibur Sulut United tercipta di menit 78 oleh Fajar Romansyah.

Kekalahan ini cukup menyakitkan. Sebelumnya lawan Persis Solo, anak asuh Herry Kiswanto kalah 0-2. Dengan hasil ini membuat posisi Sulut United di klasemen sementara Liga 2 Grup Timur bakal turun lagi ke posisi 6. Hanya mengoleksi poin 11 dari 8 kali berlaga, menang 3 kali, kalah 3 kali dan seri 2 kali.

Jalannya Pertandingan

Dua tim bermain di babak pertama saling jual beli serangan. Menit 1, tembakan Christian Gonzales masih mampu dihalau kiper Fery Bagus yang menggantikan Zinda AP di bawah mistar gawang Sulut United sebagai starter.

Menit 4 tembakan lemah Martinus dari luar kotak penalti masih belum bisa memberikan gol. Sulut United terus menaikan tempo serangan. Pada menit 11 tandukan Eksel hasil umpan Martinus namun belum menghasilkan apa-apa. Keasyikan menyerang, malah tim tamu mencuri gol lebih dulu.

Dari sebuah serangan yang dibangun Gonzales dan Maitimo gol tercipta menit ke 14. Umpan terukur dari Gonzales dimanfaatkan dengan tandukan Maitimo dan berbuah gol.

Menit 16 bek tengah Sulut United, Adi Parwa diganjar kartu kuning Parwa setelah melakukan protes kepada wasit. Bintang lokal Sulut United, Herrie Syamsudin Lontoh memperoleh dua peluang emas pada menit 21 dan 25, sayang tembakannya melambung di atas mistar gawang PSIM. Sulut United melakukan pergantian pemain. Iman Fath masuk menggantikan Wawan Samma.

Hingga peluit babak pertama berakhir, skor 0-1 masih milik tim tamu PSIM Yogjakarta.

Memasuki paruh kedua, inisiatif serangan diambil alih Sulut United. Buktinya, menit 48 umpan silang dari bek kanan Mahdi namun bisa ditangkap kiper PSIM. Sayangnya, gol kedua tim tamu tercipta di menit 50 lewat sundulan Christian Gonzales setelah mendapat umpan Reza Saputra.

Sulut United menambah daya dobrak. Bek kiri terjadi pergantian, Sedek Sanaky masuk menggantikan Gusti. PSIM juga melakukan hal yang sama. Reza Saputra digantikan Yoga Pratama, Raymond Tauntu oleg Ade Suhendra.

Menit 74 tembakan keras Fajar ditangkap kiper PSIM. Digempur terus menerus, kiper tim tamu akhirnya bobol juga. Adalah Fajar Romansyah yang mencetak gol di menit 78 sehingga skor berubah 1-2. Memasuki akhir-akhir babak kedua, pencetak pertama PSIM Rafael Maitimo diganjar kartu merah.

Meski sudah bermain tidak seimbang alias 11 lawan 10, ternyata hasil tidak berubah untuk kemenangan tim tamu 1-2. Dan ini kerugian bagi Sulut United yang bertindak sebagai tuan rumah.

SUSUNAN PEMAIN

SULUT UNITED
Ferry Bagus Kurniawan (kiper), Gusti Sandria/Sedek Sanaky, Adi Parwa, Mahdi Albar, Wawan Samma (C)/Iman Fath, Akbar Eka Putra, Herrie Lontoh, Dolly Gultom, Fajar Romansyah/Mustaqim Ohorella

PSIM
I Putu W (kiper), Aditya Putra Dewa, Fandi Edi, M Agung Pribadi, Achmad Hisyam, Raphael Maitimo, Raymond Tauntu/Ade Suhendra, Redi Rusmawan/M Dwi Rafi, Reza Saputra/Yoga Pratama, Cristian Gonzales, Ichsan Pratama

Penulis : Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed