oleh

5 Prodi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Manado Menuju Akreditasi B

Manado, Barta1.com – Tercatat lima Program Studi (Prodi) Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado akan menuju Akreditasi B.

“Fakultas Ushuluddin dan Dakwah memiliki beberapa prodi diantaranya Sejarah Peradaban Islam, Sosiologi Agama, Psikologi Islam, Manajemen Dakwah dan Ilmu Al-Quran Tafsir dan beberapa prodi sudah terakreditasi B dan beberapa prodi lainnya masih pada tahapan menuju Akreditasi B,” ujar Dekan terpilih, Edi Gunawan, pada Barta1.com, Rabu (31/7/2019).

Dekan berusia 35 tahun ini berkeinginan agar mahasiswa sebelum lulus berharap semua prodi sudah terakreditasi B. “Salah satu pemicu masyarakat ingin masuk pada sebuah fakultas atau prodi dilihat pada akreditasinya,” katanya.

Disisi lain, setiap sumber daya Manusia (SDM) yang ada di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah bisa berdaya saing nasional hingga Internasional. “Contoh rektor kami saat ini Bapak Delmus Punari Salim merupakan dosen pengajar dari Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, termasuk juga beberapa dosen muda lulusan dari universitas terkenal di Indonesia dan luar negeri,” ujar Edi.

Ia menambahkan dosen-dosen muda adalah tamatan lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI) dan ada yang melanjutkan S3 ke Jepang. “Untuk tahun 2019 ada 86 mahasiswa yang mendaftar di 5 prodi yang ada,” bebernya.

Di samping itu ada beberapa bantuan beasiswa UKT, beasiswa bidik misi dengan 19 kuota, beasiswa hafiz al quran, besiswa prodi langka (prodi yang minatnya sedikit).

Ia mengharapan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah ke depanya lebih maju dan lebih banyak peminatnya. Mahasiswa yang masuk tidak begitu banyak tetapi kualitas mereka lebih dari mahasiswa program studi yang lain.

“Saat ini dengan kapasitas mahasiswa yang tidak begitu banyak, lebih mudah memperhatikan dan membina mahasiswa tersebut, menjadi berkualitas dan berkompeten. Buat apa memiliki mahasiswa banyak, ketika mereka lulus tidak memiliki kompetensi. Lebih baik sedikit tapi memiliki lulusan yang mampu bersaing dan berkompeten,” ujarnya.

Setiap mahasiswa yang lulus diharapkan menguasai ilmu sesuai kompetensi, sesuai prodi yang diambil. Apabila memiliki lulusan yang berkompeten itu akan menjadi nilai jual kita kepada masyarakat. “Sebab sudah terbukti di lapangan alumni kita sedikit, tapi mampu bersaing dalam dunia pekerjaan dan mampu bersosial dengan masyarakat,” kunci Edi yang baru bertugas dua bulan menjadi Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Manado.

Ketua Dewan Mahasiswa (Dema), Vadlan Labulango yang merupakan mahasiswa Prodi Sejarah dan Peradaban Islam mengungkapkan bahwa Dekan Edi Gunawan merupakan pemimpin yang sangat dekat dengan mahasiswa.

“Terbukti pada kegiatan pengenalan budaya akademik di tingkat fakultas Pak Dekan banyak membantu baik motivasi maupun materi,” ucap Vadlan sembari berharap
Dekan juga selalu mendukung setiap kegiatan di fakultas maupun di luar fakultas.

Peliput : Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed