oleh

Lomba Perahu di Petta Tabukan Utara

Sangihe, Barta1.com – Pemuda Petta Raya, yang merupakan orang-orang muda di wilayah pemekaran dari Kampung Petta Induk Kecamatan Tabukan Utara, menggelar lomba perahu jenis pumboat dan perahu dayung.

Ketua Panitia, Deny Abram, mengatakan tujuan kegiatan itu datang dari ide pemuda Petta Raya yang kemudian bekerja sama dengan para kapitalaung. “Ide mengenai kegiatan ini berawal dari para pemuda Petta Raya yang ingin gesekan-gesekan pasca Pilkada dan Pemilu bisa dicairkan dengan kegiatan seperti ini. Jadi menyadari kegiatan ini sangat baik maka para kapitalaung kemudian memotivasi dan membantu kami agar terlaksana kegiatan ini,” ucap Abram.

Dirinya mengharapkan agar kegiatan ini bisa diadakan setiap tahun sehingga bisa membantu program pemerintah. “Tadi bupati sudah sangat merespon baik adanya kegiatan ini, jadi kedepannya akan dijadikan event tahunan,” ungkapnya.

Lomba perahu tradisional yang diperlombakan ada dua jenis yaitu perahu tradisional dayung dan perahu pumboat. Untuk perahu dayung yang diperlombakan terdiri dari dayung 1 orang, dayung 2 orang dan dayung beregu. Perahu Pumboat terdiri dari kelas 6 – 7 PK, 13 PK,
16-22 PK dan kelas Pakura.

Bupati Jabes Ezar Gaghana merespon baik saat datang langsung ke lokasi kegiatan di Pelabuban Petta, Selasa (30/7/2019). Menurutnya kegiatan positif yang dilakukan oleh pemuda-pemuda di Kabupaten Kepulauan Sangihe tentunya menjadikan daerah kepulauan ini semakin maju dan kreatif.

“Pemerintah akan sangat mendukung kegiatan yang sifatnya positif seperti yang dilakukan pemuda Petta Raya. Tentu kami mengimbau, kreativitas seperti ini harus terus dilaksanakan. Sebab lewat ini pula nilai-nilai kebersamaan itu tumbuh, dan sekiranya kegiatan ini bisa dilakukan tiap tahun sehingga menjadi daya tarik masyarakat yang ada di Sangihe serta para wisatawan,” jelas Gaghana.

Tak hanya pemerintah, masyarakat juga sangat mengapresiasi kegiatan lomba perahu yang digalangkan pemuda Petta Raya. Halnya beberapa pemuda dari pulau Nusa Tabukan yang turut ambil bagian dalam lomba tersebut. “Akhirnya kegiatan lomba perahu seperti ini kembali kami rasakan. Tentu kami sangat senang, adanya kegiatan seperti ini, dan kalau boleh diadakan setiap tahunnya,” ujar beberapa warga Nusa Tabukan.

Peliput : Rendy Saselah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed