oleh

Berbaju Pramuka, Maurits Mantiri Buka Kursus Orientasi CPNS

Bitung, Barta1.com – Wakil Wali Kota Bitung, Ir Maurits Mantiri, membuka kursus orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bitung, di Gedung Kesenian Kota Bitung, Kecamatan Girian, Jumat (26/07/2019).

Berbaju pramuka Maurits Mantiri terlihat gagah. Ia mengatakan di era globalisasi ini berbagai pelatihan dasar kepramukaan sangat diperlukan untuk menanamkan semangat nasionalisme sebagai pembentukan karakter generasi penerus bangsa.

Keterampilan yang dimiliki terbentuk dari adanya binaan dan tempaan melalui pelatihan yang akan membentuk mental dan sikap yang positif.

“Oleh karenanya pelatihan tentang kepramukaan menyangkut satya dan dharma ini benar-benar harus melekat dalam jiwa anak-anak muda penerus bangsa untuk dipahami dan menjadi pegangan yang kuat, serta untuk diwujudkan sebagai bentuk penghormatan kita terhadap bangsa dan negara,” tutur Mantiri.

Lanjut Mantiri kepramukaan yang walaupun sifatnya informal akan sangat bermanfaat dan tepat guna apabila dilaksanakan langsung oleh pemerintah yang bersinergi dengan para pembina dalam hal ini guru-guru untuk merubah pendidikan karakter atau paradigma yang lama beralih ke pemikiran atau mindset yang baru.

“Semangat kebangsaan ini tidak akan diperoleh apabila para tenaga pendidik hanya berorientasi pada bidang ilmunya saja atau bidang tugasnya yang ada di kantor,” jelasnya.

Mantiri berharap, kursus orientasi ini akan semakin memperkuat komitmen kita untuk menjadikan Indonesia hebat. Para peserta kursus harus berbangga karena akan dilatih dan dibina oleh para pelatih dan Kwarcab yang siap untuk menjadikan kita makin terampil untuk dipersiapkan menjadi pendidik bagi pramuka.

“Diharapkan lewat pelatihan dasar kebangsaan ini kita semakin mengerti dasar-dasar kebangsaan, dan memahami karakter keindonesiaan yang tentunya membuat kita semakin semangat membela NKRI, menjadi anak bangsa yang mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa lewat pengabdian kita dalam mendidik dan membina anak-anak didik menjadi generasi yang terampil dan disiplin yang mampu bersaing dan tidak tertinggal dari bangsa yang lain,” tutup Mantiri.

Turut hadir Ketua Kwarcab Bitung, Kak Axcel Leonardo Galatang, Sekretaris Kwarcab Kak Julius Ondang, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kak Maxi Rompas, Pimpinan Kursus Kak Rolly Rumampuk, dan para peserta kursus.

Peliput: Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed