oleh

Alumni Kedokteran Unsrat Pelayanan Kesehatan Gratis Bagi Lansia

Manado, Barta1.com – Alumni Fakultas Kedokteran Unsrat Manado memberikan pelayanan pemeriksaan gratis bagi kaum lansia, di GMIM Viadolorosa Kairagi II, Sabtu (27/07/2019) pagi.

Kegiatan ini merupakan program Pengantar Kesehatan Masyarakat (PKM) promotif (peningkatan) dan preventif (pencegahan) kesehatan pada kelompok fungsional lanjut usia.

Penagungjawab kegiatan kesehatan, Dr Paul Kawatu mengatakan program telah berjalan sejak tahun 2018, guna membantu kesehatan para orang tua atau lansia. “Yang masuk dalam program pemeriksaan kesehatan gratis mereka yang berumur 60 tahun ke atas. Dan yang sering kami lakukan pengontrolan yaitu penyakit kronis seperti asam urat, darah tinggi, serangan jantung, stroke, kanker payudara bagi,” ujarnya.

Pemeriksaan tersebut sangat penting agar di usia tua mereka tetap melaksanakan kegiatan dan aktivitas sehari-hari tanpa terganggu berbagai penyakit. “Dan kita tahu bersama para lansia ini retan pada penyakit, untuk itu harus adanya pemeriksaan yang rutin,” ucapnya.

Zet Mare (63) salah satu peserta mengaku senang dengan adanya pemeriksaan seperti ini. “Dengan pemeriksaan ini kami bisa mengetahui apa yang tidak bisa untuk dimakan, dan mana makanan yang baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan,” ujar Zet.

Ia mengharapkan kegiatan pemeriksaan ini rutin, agar kesehatan bisa terus dikontrol setiap saat.

Peliput: Meikel Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed