oleh

Manado Rebut 2 Emas dari Karate di O2SN Sulut

Manado, Barta1.com – Dua siswa asal Manado merebut medali emas dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SMA dan SMK se-Sulawesi Utara.

Adalah Euricka Sumenda dan Dino Tutu yang berhasil mengalahkan lawan-lawannya di cabang karate SMA. Euricka merebut emas setelah bersaing cukup ketat dengan Angelly Posumah dari Tomohon.

Juri bahkan dua kali memberikan nilai sama, namun akhirnya siswa SMA Negeri 9 Manado tersebut berhasil menjadi yang terbaik. Siswa asal Tomohon meraih medali perak sedangkan perunggu direbut bersama Mikha Panekenan (Mitra) dan Olivia Senduk (Minsel).

Atlit karate Manado kembali berjaya. Untuk Kelas Kumite Putra, dipersembahkan Dino Tutu yang mengalahkan Handriko Tjohan (Bitung) di babak final. Dino meraih emas sedangkan Hendriko perak. Medali perunggu milik Reinaldy Sambonaung (Sitaro) dan Daniel Paat (Tomohon).

Kesuksesan Manado meraih dua emas dipatahkan wakil Tomohon. Dimana, pada nomor Kata Putra, Gratio Rondonuwu (Tomohon) meraih emas setelah berhasil mengalahkan Febrianto Kolopita (Manado) di partai final. Nahdi Alchari (Botim) dan Moh Fahri (Kotamobagu) harus puas dengan medali perunggu.

Dibuka Kadis Dikda Sulut

Sebelumnya, pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Sulut dilakukan di dua tempat berbeda. SMK dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut sedangkan SMA di Hotel Sahid Kawanua Manado, Rabu (17/7/2019).

Kepala Dinas Dikda Sulut, Grace Punuh saat pembukaan menyampaikan bahwa peningkatan mutu pendidikan di sekolah tidak hanya terfokus pada pencapaian kualitas akademik akan tetapi juga menyangkut kualitas aspek non akademik.

“Salah satunya melalui bidang olahraga sehingga penyelenggaraan O2SN ini merupakan salah satu wadah meningkatkan bakat dan minat di bidang olahraga,” ujarnya.

Dia mengatakan semua peserta O2SN adalah juara. “Karena merupakan wakil dari setiap kabupaten/kota di Sulut. Sehingga paling penting menjaga sportifitas antara sesama pelajar. “Semoga dari hasil tingkat Sulut ini akan menjaring atlet terbaik yang akan bertarung di tingkat nasional pada Agustus nanti di Provinsi Aceh,” bebernya.

Penyelenggaraan O2SN tingkat Sulut akan berlangsung 17-19 Juli 2019 yang diikuti siswa SMK dari Tomohon, Manado, Bolmong, Bolmut, Sitaro, Sangihe, Talaud, Bolsel, Minsel, Mitra, dan Kotamobagu. Total 88 siswa ikut bertarung berbagai cabang pada O2SN kali ini.

Peliput : Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed