oleh

Kolintang FH Unsrat: Pelestarian Budaya dan Juara Piala Presiden

Manado, Barta1.com – Tak banyak mahasiswa yang menekuni musik bernafaskan budaya daerah sendiri. Namun tidak bagi mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Sam Ratulangi Manado.

Mereka yang tergabung dalam Tim Justisia cukup serius menekuni musik kolintang. Kemudian sembari latihan mengisi acara di kampus dan undangan lainnya. “Sebuah kebanggaan kalau bisa memainkan musik kolintang, sebagai budaya kita sendiri. Mana ada anak muda atau mahasiswa zaman sekarang main kolintang,” kata personil tim kolintang FH Unsrat Manado.

Dari sekedar bermain mengisi acara, mereka pun ikut lomba. Tak tanggung-tanggung lomba musik kolintang bertaraf nasional Piala Presiden II di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (26/6/2019). Eh, hasilnya luar biasa. Mereka merebut juara pertama, bahkan nilai paling tinggi disemua kategori lomba.

Dekan Dr Flora Kalalo SH MH bangga dengan pencapaian yang dilakukan Tim Justisia FH Unsrat “Civitas akademika FH Unsrat merasa senang dan bangga atas prestasi yang diraih Tim Kolintang Justisia FH Unsrat, karena mereka tidak hanya membawa nama fakultas, tetapi Unsrat hingga Sulut,” ujar Flora, tadi malam.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus menyuarakan dan menggelorakan, fakta kolintang sebagai kebudayaan asli Indonesia, agar tidak diklaim negara lain.

Lomba yang sudah dua kali dilaksanakan tersebut, dibagi dalam enam kategori, yaitu SD, SMP, SMA sederajat, mahasiswa, ibu-ibu dan umum.

Penulis : Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed