oleh

Merayakan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Amerika Serikat di Indonesia

Manado, Barta1.com — Kedutaan Besar Amerika Serikat menjadikan Kota Manado sebagai tuan rumah perayaan 70 tahun kiprahnya di Indonesia, dalam sebuah selebrasi Senin (17/06/2019) malam di Hotel Four Points. Peringatan ini menandai kala 28 Desember 1949, Presiden Harry S Truman mengirim Merle Cochran sebagai duta besar (Dubes) pertama Amerika untuk Indonesia.

Dubes Amerika untuk Indonesia saat ini, Joseph Donovan, dalam sambutannya menyampaikan hubungan diplomatik negaranya di Indonesia kekinian umumnya terkonsentrasi pada pembangunan sumber daya manusia, bidang pendidikan, kerja sama perekonomian serta pertahanan. Joseph juga gembira, karena kerja sama dengan masyarakat Sulawesi Utara semakin lebar, karena pemerintah daerah membuka pintu masuknya investasi dari Amerika ke Manado dan sekitarnya.

Dia sempat menyentil sejarah kehadiran kedutaan Amerika di Indonesia dengan Merle Cochran sebagai Dubes pertama. Sejarah juga membuktikan di masa-masa awal ini, Amerika pernah mengikat perjanjian Mutual Security Act (MSA) yang ditandatangani Merle dan Menteri Luar Negeri Ahmad Subardjo dari Kabinet Sukirman. Kesepakatan kedua negara membuat Amerika berperan untuk menyalurkan bantuan ekonomi dan militer pada Indonesia, yang saat itu lagi diguncang krisis keamanan di sejumlah daerah.

Baca Juga:

Sekilas Kisah Diplomasi Kerajaan Tabukan Kalahkan Amerika Serikat 1912

Sayangnya, kebijakan Subardjo yang merepresentasi Kabinet Sukirman dianggap tidak memihak arah politik internasional Indonesia; bebas-aktif. Subardjo dinilai telah memihak blok barat yang dipimpin Amerika. Tak lama setelahnya, kabinet ini pun dilengserkan DPR, kendati mendapat pembelaan dari Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Ada 2 hal besar yang dijalin Amerika dan Indonesia dalam peringatan 70 tahun hubungan kedua negara —juga menyambut perayaan ulang tahun Amerika 4 Juli. Salah satunya adalah kemitraan di bidang perekonomian dan sumber daya alam. Gubernur Sulut Olly Dondokambey telah menyambut kehadiran Jason Heckathorn, founder dan CEO Forever Oceans, sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang akuakultural.

Gunting pita menandai antara investor, pemerintah Amerika dan Pemprov Sulut menandai investasi Forever Oceans di Sulawesi Utara. (foto: barta1)

Forever Oceans, seperti penjelasan Jason pada wartawan, menanam US$ 50.000.000 di Sulawesi Utara lewat usaha budi daya perikanan. Forever Oceans adalah perusahaan budidaya laut berbasis di Virginia yang menggunakan teknologi canggih untuk menghasilkan volume ikan berkualitas tinggi dengan cara yang ramah lingkungan. Produksi Forever Oceans difokuskan pada spesies bernilai tinggi dan berkelanjutan yang tumbuh dengan baik di wilayah perairan hangat, menjadikan Indonesia lokasi yang sangat baik untuk operasi.

“Kami melihat potensi luar biasa di Sulawesi Utara dan berterima kasih atas kemitraan masyarakat yang memungkinkan kami membawa budidaya laut berkelanjutan ke wilayah ini,” kata Jason.

“Investasi ini merupakan cara lain untuk merayakan ulang tahun ke-70 hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat,” timpal Dubes Joseph Donovan.

Sementara di bidang pertahanan, Indonesia dan Amerika menggelar latihan bersama bertajuk Cope West 2019, 17-28 Juni, 2019. Latihan bilateral ini adalah dirancang untuk memajukan interoperabilitas dan membangun kemitraan yang ada antara pasukan militer Amerika Serikat dan militer Indonesia.

Cope West 2019 melibatkan tak kurang 100 anggota layanan AS yang bekerja bersama rekan-rekan Angkatan Udara Indonesia dan total gabungan 12 pesawat, termasuk enam pesawat Angkatan Udara AS F-16CM / DM dari Skuadron Tempur Ekspedisi ke-14, Sayap Tempur ke-35 yang berbasis di Misawa Pangkalan Udara, Jepang, dan enam pesawat F-16 dari angkatan udara Indonesia.

Latihan ini, yang dimulai pada tahun 1989, memungkinkan pertukaran taktik, teknik, dan prosedur yang berkaitan dengan pelatihan udara-ke-udara dan mempromosikan stabilitas regional melalui kerja sama. (*)

Penulis: Ady Putong, Albert P. Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed