oleh

BFC Sulut United Menang Telak, Herkis Belum Puas

Manado, Barta1.com – Laga perdana cukup memuaskan dilakoni Bogor FC (BFC) Sulut United. Meski bertajuk laga uji coba, nyatanya anak asuh Herry Kiswanto ini mampu melumat Panther Bahu Plus dengan skor mencolok 5-1, di Lapangan Unsrat Manado, Sabtu (15/6/2019).

Tim Panther yang merupakan klub yang membesarkan Asisten Pelatih BFC Sulut United, Leo Akira Soputan, sore itu tampil mengigit pada menit-menit awal. Meski juga dibombardir bertubi-tubi penyerang BFC Sulut United.

Tampilnya empat pilar pinjaman dari Bali United yang memperkuat tim berkostum biru-biru tersebut, yakni Gusti Sandria, Ahmad Maulana, Martinus Novianto dan Nyoman Adi Parwa menambah gregret laga sore itu yang disaksikan ratusan pencinta bola Manado.

Asyik menyerang, Jacky Runtulalo dan kawan-kawan berhasil mencuri gol lebih dulu berkat tendangan bebas kaki kiri dari luar kotak penalti oleh gelandang bernomor punggung 21. Panther Bahu Plus unggul 1-0.

Keunggulan anak asuh Alen Mandey tak bertahan lama. Hanya berselang dua menit, eks striker U-19 binaan Indra Sjafri, Martinus Novianto, berhasil menyamakan kedudukan. Dia sukses mengeksekusi gol setelah menerima umpan lambung dari sayap kiri. Novianto yang berdiri bebas satu lawan satu dengan penjaga gawang cukup mudah mengecohnya, hingga skor berubah 1-1. Bahkan, BFC Sulut United berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 setelah mendapat hadiah penalti yang dieksekusi dengan sempurna, Mustakim. Babak pertama berakhir dengan keunggulan tim yang akan berlaga di Liga 2 Indonesia tersebut. Sayangnya, salah satu bintang BFC Sulut United, Ahmad ‘Fellaini’ Maulana tak bisa melanjutkan pertandingan karena mengalami cedera serius.

Usai turun minum dan memasuki babak kedua, Herkis menggantikan mayoritas pemainnya dengan tim kedua. Kali ini, dua pilar lokal Sulut, Herrie Lontoh dan Eksel Runtukahu jadi starter. Dan benar saja, mereka mampu membuktikan kualitas pemain daerah. Eksel yang pernah merumput dengan Kalteng Putra berhasil membawa keunggulan timnya dengan sebuah gol cantik.

Babak kedua ini, Panther bukan tanpa serangan. Berkali-kali juga ikut merepotkan barisan pertahanan BFC Sulut United. Bahkan pemain-pemain muda belia seperti Beckham Mandey ikut dimainkan guna menambah daya serang.

Dua talenta muda lokal Sulut yang masih berada di bangku cadangan: Christofan Rampala dan Renaldy Bella dimasukan coach Leo Akira Soputan. Alhasil dari kerjasama apik Christofan yang memberikan umpan lambung dari sayap kanan berhasil dimanfaatkan dengan manis Renaldy Bella hingga menambah skor 4-1. Tak puas dengan hasil itu, sebuah gol penutup juga disarangkan pemain lokal Sulut yang pernah merumput di Persib Bandung, Herrie Lontoh, sehingga skor akhir 5-1 untuk kemenangan BFC Sulut United.

Herkis ditemui usai laga berakhir mengaku permainan anak asuhnya belum maksimal. “Bukan skor akhir yang saya lihat. Tapi kerjasama diantara mereka belum padu. Maklum saja, latihan baru seminggu dan diantara mereka belum pernah bermain satu tim cukup merepotkan solidnya sebuah tim. Lihat saja banyak kesalahan yang harusnya tidak terjadi. Misalnya, masih salah umpan atau pelanggaran yang tidak perlu. Itu hal-hal dasar dan harus diperbaiki sebelum laga perdana melawan Madura FC pada 22 Juni 2019,” kata mantan kapten timnas Indonesia ini.

Secara keseluruhan penampilan Herrie Lontoh Cs belum pada form terbaik mereka. “Gol-gol yang lahir, apalagi pada babak kedua hanya karena tim lawan kehabisan stamina. Sehingga sekali lagi bukan skor akhir yang dilihat tapi bagaimana skill dan kerjasama tim itu paling penting dari uji coba sore ini. Terima kasih juga buat tim Panther Bahu yang boleh jadi tim sparing partner,” katanya.

Panggung Tiga Lokal Sulut


Laga persahabatan ini menjadi panggung bagi pilar lokal Sulut yang memperkuat BFC Sulut United. Terbukti dari empat pemain Nyiur Melambai ini, praktis hanya Christofan Rampala yang tak berhasil membuat gol. Sedangkan Renaldy Bella, Herrie Lontoh dan Eksel Runtukuhu ikut menyumbangkan gol bagi kemenangan anak asuh Herry Kiswanto tersebut. “Setiap pertandingan kami ingin selalu mencetak gol. Karena itu tugas kami untuk meraih kemenangan. Semoga laga-laga berikut bisa tampil lebih baik lagi,” ujar Eksel diamini Herrie Lontoh.

Peliput : Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed