oleh

Menikmati Keindahan Bawah Laut Pantai Parentek Minahasa

Minahasa, Barta1.com – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus dilirik turis lokal maupun mancanegara dikarenakan memiliki banyak lokasi pariwisata yang sangat menarik.

Sebut saja Taman Laut Bunaken atau keindahan Pulau Siladen di Manado, lalu Pantai Jiko di Boltim, Pulau Sara’a di Talaud, Pantai Batu Pinagut di Bolmut, Bukit Kasih Kanonang dan Benteng Moraya di Minahasa. Tak ketinggalan Danau Linow di Tomohon dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, masih banyak pelancong/turis lokal maupun mancanegara yang belum tahu tentang keberadaan lokasi wisata bawah laut di Sulut yang tak kalah menarik dengan daerah lainnya.

Satu diantaranya adalah pantai Desa Parentek, Kecamatan Lembean Timur, Kabupaten Minahasa. Keindahan bawah laut di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta diving. Karena, selain memiliki pasir putih yang membentang luas dan terumbu karang yang begitu mempesona, pantai Desa Parentek pun boleh dinobatkan sebagai pantai eksotis.

Menyimpan rahasia keindahan alam maupun berbagai jenis ikan, sangat disayangkan jika masyarakat dan para pelancong tidak menyempatkan waktu berkunjung ke pantai Desa Parentek.

Berdasarkan informasi, potensi wisata bawah laut Pantai Parentek tidak kalah indahnya dengan Taman Laut Bunaken serta lokasi penyelaman lainnya di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya terumbu karang, tersedianya berbagai jenis ikan dan pasir putih. Belum lagi, desa ini dapat dijangkau dengan jarak kurang lebih 80 menit dari Kota Manado.

Sejumlah penyelam profesional yang sempat menjajal spot di daerah tersebut mengaku jika Desa Parentek, Kabupaten Minahasa memiliki potensi pariwisata bawah laut yang cukup indah untuk dijadikan lokasi penyelaman. Khas dan belum tersentuh dengan aksi pengeboman serta eksploitasi ikan besar-besaran.

“Untuk spot diving di Desa Parentek cocok untuk penyelam yang hobi dengan fotografi under water serta penyuka petualangan bawah laut,” ungkap salah satu penyelam asal Jakarta, Atmo Donald.

Kemudian, Budi Satria salah satu penyelam asal Gorontalo mengatakan, ada hal menarik lainnya yang bisa dinikmati ketika menuju lokasi ini. “Bukan hanya pantainya yang indah, tapi akses menuju ke Desa Parentek disuguhi dengan pemandangan alam yang begitu indah serta akses infrastruktur yang cukup memadai,” katanya.

Ia berharap, ke depan bisa ada pendidikan serta pengenalan terkait potensi bawah laut di wilayah ini untuk tetap dijaga dan dipelihara. Begitu juga dengan dukungan pemerintah setempat sehingga lokasi ini dapat diperhatikan.

“Jika pemerintah mendukung dan mengembangkan lokasi pantai ini, pasti akan lebih unggul dan dikenal para turis. Begitu pula dengan pengembangan potensi pariwisata ini agar lebih dikembangkan,” terangnya.

Penulis : Martsindy Rasuh

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed