oleh

76 Pemain Seleksi Bogor FC, Herkis Sorot Minimnya Kompetisi

Manado, Barta1.com – Antusias anak-anak muda Sulawesi Utara untuk bisa bermain di tim Liga 2, Bogor FC Sulut United yang bermarkas di Stadion Klabat Manado, sangat luar biasa.

Tak tanggung-tanggung 76 pemain rerata pernah mengenyam Liga 3, bermain di tim Pra PON Sulut hingga main level Liga 1 dan Liga 2 bertarung habis-habisan membuktikan kualitas mereka dan layak masuk tim utama.

Asisten Pelatih Bogor FC, Leo Akira Soputan memimpin seleksi didampingi Alen Mandey, Rocky Jacob dan Stenly Mandas membagi lima tim yang terdiri dari pemain belakang, tengah dan striker. Lalu tim pertama dan kedua saling berduel dipimpin wasit Oscar Hari, Johny Weol dan Hamdi Idris yang secara bergantian bertugas sebagai wasit dan hakim garis.

Di pinggir Lapangan Lantamal VIII Manado, Sabtu (8/6/2019) sore itu, Pelatih Kepala Herry Kiswanto mengamati secara seksama bersama tokoh-tokoh bola Sulut, plus ratusan penggila bola Manado, terus memberi support kepada para pemain-pemain muda ini untuk bermain menunjukkan kualitas mereka.

Usai tim pertama lawan tim kedua bertarung selama 10 menit dengan seragam rompi merah dan kuning, kemudian diganti tim ketiga dan empat. Game itu akhirnya memunculkan 21 pemain yang lolos seleksi lanjutan Sabtu (9/6/2019) sore nanti.

“Saya sudah lihat skill mereka. Rata-rata di bawah form. Itu mungkin karena minimnya kompetisi di daerah ya. Saya maklumi itu. Lihat saja gaya mereka seperti main futsal karena mereka selama ini lari ke futsal,” kata Herkis, sapaan akrab Herry Kiswanto kepada wartawan yang mengerumuninya.

Karena kompetisi Liga 2 tinggal dua pekan, dia mengaku membutuhkan pemain yang sudah jadi dengan kualitas mumpuni. “Saya butuh empat pemain. Kiper, dua gelandang termasuk jenderal lapangan tengah kalau di sini ada, lalu seorang penyerang. Kalau saya lihat ada beberapa yang lumayan bagus,” kata mantan kapten Timnas Indonesia itu.

Saat ini kata dia, tim Bogor FC sudah mulai berlatih di Manado. “Dari 20 pemain yang sudah ada, kita butuh pemain lokal Manado 4 orang sesuai kebutuhan tim. Tidak mungkin lah kalau bek sudah ada lalu kita mencari bek atau sayap kanan dan kiri. Kecuali ada pemain lokal yang lebih bagus dari pemain yang sudah ada, kita panggil dia bergabung. Termasuk jenderal lapangan tengah tadi, itu kita belum punya,” beber Herkis.

Leo Akira Soputan diakhir seleksi hari pertama langsung mengumumkan 21 pemain yang lolos ke tahap seleksi Minggu sore nanti. “Yang lolos datang lagi di lapangan ini pukul 3 sore ya. Kita cari empat pemain yang akan bergabung dengan tim. Bagi yang tidak lolos jangan berkecil hati, tetap latihan. Paruh musim nanti kita akan cari pemain lokal lagi. Jaga fisik dan tetap latihan ya,” ujar mantan libero Persija Jakarta asal Panther Manado ini.

Hengky Kawalo, mantan pemain Persma Manado mengaku senang dengan banyaknya pemain yang ikut seleksi. “Kehadiran Bogor FC Sulut United akan menambah gairah sepakbola di daerah. Kendati kualitas di bawah standar tapi ada beberapa yang bisa direkrut manajemen. Paling penting saya mengajak masyarakat mendukung kebangkitan sepakbola Sulut ini,” terang Anggota DPRD Manado ini.

Penulis : Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed