oleh

Dukung Roma Jo Calon Ketua DPRD Manado, Warga Beber Kinerjanya

Manado, Barta1.com – Hanya dua incumbent penghuni DPRD Manado dari Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) yang tersisa dan terpilih kembali sebagai wakil rakyat periode lima tahun ke depan. Adalah Hengky Kawalo (Daerah Pemilihan Wenang-Wanea) dan Ronny Jonas Makawata (Daerah Pemilihan Singkil-Mapanget). Sedangkan 8 orang lainnya adalah muka baru meski mayoritas merupakan politisi lama.

Sebagai partai pemenang Pemilu 2019 di Manado dengan 10 kursi, otomatis PDIP merebut ‘jatah’ Ketua DPRD. Sebelumnya ada empat nama mengelinding tanpa mengabaikan figur lain yang memiliki peluang sama, termasuk Ronny Jonas Makawata.

Warga Singkil-Mapanget pun tak segan-segan mendukung Roma Jo, sapaan akrabnya. Bukan tanpa alasan, sebab Ronny dinilai layak mengingat seabrek kegiatan pro rakyat yang dia lakukan setelah duduk sebagai Anggota DPRD Manado paruh waktu pada periode yang akan berakhir Oktober nanti.

Diam-diam tanpa gembar-gembor ke media, banyak hal yang sudah dilakukannya. “Mau bukti? Cukup banyak infrastruktur jalan yang telah dia (baca: Ronny) perjuangkan dan lakukan. Bukan hanya janji, tapi dia buktikan janji itu. Di daerah kami di Singkil 2, lorong-lorong yang belum ada jalan sekarang sudah bisa menikmati masyarakat,” ujar Helpi Poluakan, warga Singkil 2, Kamis (6/6/2019).

Tak hanya infrastruktur yang Ronny perjuangkan, personik Komisi D DPRD Manado ini juga dalam aksi sosial. “Bagi masyarakat yang ditimpa duka, beliau datang lebih dulu dan membantu apa yang jadi kebutuhan keluarga tersebut. Ini luar biasa, sangat jarang wakil rakyat seperti itu. Belum lagi aktifitas pembangunan gedung gereja atau tempat ibadah lainnya. Semua pasti ditopangnya,” kata Nus Sondang, warga lainnya.

Artinya, Ronny sangat pantas memimpin DPRD Manado oleh karena kinerjanya. “Tapi semua keputusan diserahkan kepada pimpinan PDIP Manado dan Sulut. Mereka lebih tahu siapa yang layak atau tidak,” kunci Helpi dan Nus.

Nama-nama calon Ketua DPRD Manado pun sedang digodok. Nantinya, pengurus PDIP Manado akan memberikan rekomendasi nama yang akan jadi Ketua DPRD Manado ke Ketua PDIP Sulut, Olly Dondokambey. “Iya, nama-nama sudah kami siapkan,” terang Ketua PDIP Manado, Richard Sualang, waktu lalu.

Ronny dimintai tanggapannya memilih merendah. “Mengalir saja. Saya tidak berambisi menjadi Ketua DPRD Manado. Karena tugasnya sangat berat. Tapi sebagai kader harus siap kapan saja kalau ditugaskan oleh partai,” tutur peraih 3262 suara pada Pilcaleg 2019 itu.

Penulis : Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed