oleh

Talaud WTP, Perlu Dicatat dengan Tinta Emas

Talaud, Barta1.com – Prestasi gemilang yang diraih Kabupaten Kepulauan Talaud setelah menyabet predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tiga kali secara beruntun, mendapat apresiasi masyarakat.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Anti Korupsi dan Pemantau Pembangunan Nasional (LAKP2N) Talaud, Hariono Bowonseet angkat suara.

“WTP ini diperoleh berdasarkan pemeriksaan atas laporan keuangan yang bertujuan memberikan keyakinan yang memadai (reasonable assurance) bahwa laporan keuangan telah disajikan secara wajar dalam semua hal material,” ujar Hariono, Selasa (28/05/2019).

Ia menjelaskan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia atau basis akuntansi komprehensif selain prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia. “Pemeriksaan keuangan yang dilakukan oleh BPK adalah pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Prestasi ini, harus dicatat dengan tinta emas,” katanya.

Apalagi prestasi yang diraih pada saat pemerintahan Bupati Sri Wahyumi Manalip dan Wakil Bupati Petrus Tuange ini merupakan kebanggaan tersendiri.

Hariono juga manambahkan, hal ini akan berdampak positif bagi daerah dalam hal pengucuran dana dari pusat maupun provinsi. “Pemerintah pusat maupun provinsi pasti tidak akan ragu untuk menggelontorkan dana bagi Kabupaten Talaud, baik anggaran APBN maupun APBD Provinsi,” terang aktifis vokal ini.

Pria yang akrab disapa Harbo ini berharap, agar pemerintahan yang akan datang mampu mempertahankan prestasi WTP ini. “Ini menjadi catatan penting. Kami selaku masyarakat berharap agar pemerintahan selanjutnya bisa mempertahankan prestasi WTP ini,” kuncinya.

Peliput : Evan Taarae

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed