oleh

Balai Wilayah Sungai Sulawesi Gandeng Komunitas Tingkatkan Pelestarian Air

Manado, Barta1.com – Balai Sungai Wilayah Sulawesi 1 mengandeng 30 komunitas yang tergabung dalam Komunitas Peduli Sungai (KPS) melakukan rapat meningkatkan terobosan pelestarian air, Senin (27/05/19).

Komunitas-komunitas itu memberikan laporan setiap masalah di lapangan dan mencoba mencari solusi dari permasalahan tersebut. “Maksud dan tujuan pertemuan ini untuk membahas setiap permasalahan yang ada di sungai dan mencari solusi,” ujar Staff BWS Sulawesi 1, Deisy Reres.

Setiap KPS memiliki permasahan yang sama, dimana kurangnya kesadaran masyarakat mengenai lingkungan, dalam hal membuang sampah ke sungai dan laut. “Akhirnya muncul berbagai solusi yang kami dapatkan. Berupa aksi angkat sampah bersamma di sungai melibatkan masyarakat dan pemerintah setempat. Lalu sosialisasi mengenai dampak negatif ketika buang sampah di sungai hingga bagaimana pengelolaan sampah menjadi nilai ekonomi. Ada juga aksi penanaman pohon dan pelepasan bibit ikan,” tuturnya.

Ferdy Pangalila, Pengiat Sekolah Kuala Kota Bitung mengajak semua pihak membangun kerjasama menyelesaikan permalasahan lingkungan, salah satunya melestarikan sungai. “Mari sama-sama kita ubah budaya masyarakat untuk lebih mencintai sungai. Memang tidak mudah menyelesaikan masalah yang ada, tapi saya percaya jika bekerjasama pasti ada solusi,” kata Ferdy sembari mengajak terus kampanyekan lewat sosial media maupun media massa.

Adapun 30 komunitas yang terlibat yakni LSM Manguni, Sekolah Sungai Bitung, KPS Kengkang, KMPA Tansa Sulut, Sekolah Sungai Tanjung, Sekolah Sungai SD GMIM 23 Girian, Sekolah Kuala Manado, Sekolah Sungai Minut, Sekolah Sungai Minsel, Perkumpulan Pegiat Konservasi Talun Kentur, Masyarakat Air Danowudu, Sekolah Sungai Sangihe, KPS Masyarakat Adat Manembo-Nembo.

Lalu KPS Tulap, KPS Pencinta Alam Manguni Tondano, Sekolah Sungai Minahasa, KPS Tanjung Batu, KPS Sario, KPAB Kasuari, KPS Molas, KPS Kampung Arab, KPS Sindulang, KPS Alam Lestari Perkamil, KPS Kairagi, KPS Warembungan, KPS Bahu, KPS Sumompo, KPS Malalayang, KPS STIE Petra dan KPS Unsrat Manado.

Peliput : Meikel Eki Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed