oleh

Mengenal Lana Bango, Produk Asli Minyak Kelapa Sangihe

Sangihe, Barta1.com – Sebenarnya sudah lama masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe, punya keahlian mengolah minyak kelapa murni. Tidak tersedianya pasar, menjadikan kreativitas masyarakat ini, meredup dan hanya menjadi produk rumahan.

Belum lama ini telah diluncurkan produksi minyak kelapa dengan lebel market ‘Lana Bango’ hasil olahan tiga Kelompok Usaha Bersama (KSB) di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Yaitu Kelurahan Angges, Bumdes Kalebube I dan Kelompok Bethesda Tahuna Timur. Meski belum sepenuhnya dilengkapi dengan alat-alat olahan, salah satu dari tiga kelompok tersebut telah mampu memproduksi hingga 600 botol.

“Untuk sekarang dalam masa uji coba, namun sudah memenuhi pasar lokal. Sedangkan produksi untuk Bumdes Kalekube, bisa memproduksi sampai 600 botol,” ucap Kabid Perindustrian, Rose Bawole.

Sementara itu, untuk kemasannya didesain oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kepulauan Sangihe. Sedangkan untuk harga per liter 1000 ML, dijual dengan harga Rp 15 ribu, dan setengah liternya 500 ML dijual Rp 7.500.

Produksi minyak kelapa lokal ini pun mendapat sambutan baik dari pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Bahkan Bupati Jabes Ezar Gaghana, mewajibkan masyarakat maupun rumah makan yang ada di Sangihe untuk menggunakan minyak kelapa lokal.

“Untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, maka masyarakat maupun rumah makan diwajibkan menggunakan minyak kelapa lokal sebagai minyak goreng,” kata Gaghana.

Dirinya juga menegaskan bahwa program tersebut, diantaranya memanfaatkan hasil produk lokal akan semakin menumbuhkan kecintaan terhadap kebudayaan daerah. “Mengkonsumsi makanan dan produk lokal lainnya berarti mencintai dan menghargai budaya daerah kita,” ucapnya.

Peliput : Rendy Saselah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed