oleh

Pemkab Sangihe Tetapkan Hari Jumat Berbahasa Sangihe

Sangihe, Barta1.com – Sebagai upaya melestarikan kebudayaan daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe menetapkan penggunaan bahasa Sangihe disetiap hari Jumat.

Hal itu dikemukakan melalui peringatan dua tahun kepemimpinan Bupati Jabes Ezar Gaghana dan Wakil Bupati Helmud Hontong, dengan tema, “Kembalikan Sangiheku” yang dilaksanakan di Papanuhung Santiago Tanpungang Lawo, Rabu (23/5/2019).

Menurut Jabes, kembalikan Sangihe dimaksudkan, menjadi momentum bagi masyarakat, termasuk diaspora orang Sangihe yang merantau di luar daerah untuk bangga menjadi orang Sangihe.

“Restorasi jati diri kembalikan Sangihe, selain mengajar untuk kembali pada nilai luhur budaya seperti Megaghile, Mesasumbala, Metatengkang dan Metatalentu, bermuara pada kontraksi sosial ideal Malunsemahe (Damai Sejahtera). Juga kembali pada kearifan lokal dalam hal pola hidup keseharian,” ucap Gaghana.

Lanjut dia, dari restorasi jati diri kembalikan Sangihe akan dimulai dengan pencanangan penggunaan bahasa daerah ‘Berang Sangihe’ setiap hari Jumat disemua perangkat daerah, dimulai Jumat (24/5/2019) hari ini. “Hal ini dimaksudkan selain untuk menjaga agar bahasa Sangihe tidak punah juga secara psikis menumbukan rasa cinta dan bahasa jadi orang Sangihe,” ujar Gaghana.

Peliput : Rendy Saselah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed