oleh

Kodim di Perbatasan Filipina Latihan Antisipasi Bencana Tsunami

Talaud, Barta1.com – Kabupaten Kepulauan Talaud terdiri dari 97% wilayahnya adalah lautan dan daratannya 3%. Ditambah lagi akhir-akhir ini sering terjadi gempa walaupun tidak terlalu kuat.

Pelak saja, mengantisipasi hal itu Kodim 1312/Talaud menggelar gladi posko terkait dampak bencana tsunami, di Aula Makodim 1312/Talaud, Rabu (22/5/2019) hingga Jumat (24/5/2019).

Danrem 131 Santiago, Brigjen TNI Joseph Robert Giri mengatakan gladi posko Kodim ini merupakan program kerja dari satuan. Artinya di Kodim pada tahun ini kita ada tiga Kodim yang melaksanakan gladi posko Kodim secara bergiliran yaitu Kodim Bitung, Kodim Sangihe dan Kodim Talaud. Gladi poskoh Kodim ini bertujuan untuk melatih hubungan prosedur antara komandan dan staf yang ada di satuan-satuan.

“Kita mengambil latihan dengan situasi bencana alam, dalam hal ini tsunami. Hal ini dikarenakan Kabupaten Kepulauan Talaud sebagian besar wilayahnya adalah laut dan sering terjadi gempa walau kecil dan cukum dalam dan jauh, tetapi getarannya dapat dirasakan. Hal ini tidak menutup kemungkinan terjadi tsunami,” terangnya.

Oleh karena itu, kata dia, sebelum bencana ini terjadi, alangkah baiknya melakukan latihan-latihan untuk mengantisipasi. “Latihan kali ini tidak dilaksanakan di lapangan, tetapi bagaimana prosedur antara komandan dan staf serta jajarannya bagaimana mengantisipasi apabila disimulasikan terjadi tsunami,” ujar Brigjen TNI Joseph Robert Giri.

Perwira yang merupakan Danlat gladi posko ini menerangkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi dampak bencana seperti persiapan sarana-prasarana yang dibutuhkan apabila terjadi bencana tsunami.

“Kita tidak bisa mencegah bencana, tetapi kita bisa mengurangi korban dampak dari bencana apabilah bisa mengantisipasinya. Contohnya, sebelum tsunami datang, kita cek apakah ada tanda-tanda atau alat yang dipasang untuk tsunami sudah terpasang dengan baik. Berfungsi dengan baik atau tidak. Kemudian apabila sudah ada tanda-tanda, kapan kita akan mengevakuasi penduduk,” kuncinya.

Peliput : Evan Taarae

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed