oleh

Empat Kader PDIP Mencuat Calon Ketua DPRD Manado

Manado, Barta1.com – Pemilu 2019 telah usai. KPU RI telah menetapkan pasangan Joko Widodo-Ma’aruf Amin sebagai calon Presiden dan Wakil Presiden RI lima tahun ke depan.

Begitu juga untuk Pemilihan Legislatif (Pileg). Dimana PDIP sebagai pemenang dengan meraih 22,01% atau 127 Anggota DPR RI. Disusul Partai Golkar 14,8% (85 Anggota DPR RI), dan Gerindra 13,9% (80 Anggota DPR RI).

Begitu juga di Sulawesi Utara, PDIP merajai Pileg dengan merebut 11 kabupaten/kota. Secara otomatis ada 11 Ketua DPRD disegel partai berlambang kepala banteng tersebut.

Menarik saat ini dicermati siapa saja yang akan ‘ditugaskan’ PDIP untuk menjadi Ketua DPRD, termasuk di Kota Manado. Informasi yang diperoleh Barta1.com, ada empat nama kader PDIP yang mencuat. Meskipun keputusan final ada di tangan Olly Dondokambey selaku Ketua DPD PDIP Sulut, atau bisa saja muncul nama lain. Lalu siapa saja mereka?

  1. Hengky Kawalo

Namanya tak asing lagi di DPRD Manado. Sudah dua periode sebagai penghuni Gedung Tikala, sebutan Kantor DPRD Manado ini. Ketua KONI Manado yang juga dikenal sebagai mantan pemain Persma Manado ini terbilang cukup pengalaman jika diberi tugas sebagai Ketua DPRD Manado. Hengky sukses meraih 3.101 suara di Daerah Pemilihan Wenang-Wanea.

2. Jean Sumilat

Pemilik usaha katering ini ikut bertarung pada Pileg 2019. Fantastisnya dia menjadi penyumbang 2.375 suara bagi PDIP di Daerah Pemilihan (Dapil) Sario-Malalayang, sekaligus lolos ke DPRD Manado. Jean disebut-sebut punya peluang kuat menduduki kursi Ketua DPRD Manado, karena loyalitasnya terhadap partai sudah tak bisa disangsikan lagi. Perempuan rendah hati ini jika terpilih akan mengikuti jejak politisi Partai Demokrat asal Sario-Malalayang yang memimpin DPRD Manado, yakni Nortje Van Bone.

3. Aaltje Dondokambey

Perebutan plat nomor DB 3 di Manado bakal diramaikan dengan pemunculan mantan birokrat yang banyak disukai masyarakat, khususnya di Daerah Pemilihan Tikala-Paal 2. Aaltje sukses mengemas 4.584 suara, sebagai pencapaian suara yang luar biasa. Meski awalnya, Aaltje tak disukai adiknya, Olly Dondokambey (Ketua DPD PDIP Sulut), karena akan memunculkan sorotan masyarakat, namun masyarakat tetap kukuh mendukungnya. Dan benar saja, Aaltje peraih suara terbanyak di DPRD Manado kali ini.

4. Jonas Ronny Makawata

Namanya tak setenar Hengky Kawalo, Jean Sumilat atau Aaltje Dondokambey. Orangnya biasa-biasa saja, namun dikenal pekerja keras dan loyal terhadap partai. Sebelum menggantikan Tonny Rawung pada proses PAW sebagai Anggota DPRD Manado periode 2014-2019, karena Tora ikut calon Wakil Walikota Manado, Ronny kala itu memegang kendali Ketua PAC Singkil. Artinya, dia memulai karir politik dari bawah. Ronny pun membuktikan mampu merebut hati rakyat di Daerah Pemilihan Singkil-Mapanget dengan meraih 3.262 suara atau kursi pertama dari sembilan kursi.

Ketua PDIP Manado, Richard Sualang, dikonfirmasi membenarkan menyiapkan sejumlah nama. “Yang pasti kader PDIP harus siap jika ditugaskan sebagai Ketua DPRD Manado,” ujarnya melalui pesan singkat kepada Barta1.com, Selasa (21/5/2019).

Soal nama, putra dari mantan Ketua PDIP Sulut, Freddy Harry Sualang ini mengatakan belum ada karena masih digodok. “Yang pasti dari 10 orang caleg yang melenggang ke DPRD Manado tersebut,” katanya.

Dia menambahkan, kesuksesan PDIP pada Pemilu 2019 ini merupakan kerja keras melalui program pemennagan partai, konsolidasi struktural dan pemguatan ideologi. “Perolehan kursi ini tentu akan dipersembahkan untuk kepentingan rakyat Manado melalui kerja-kerja politik yang berpihak kepada rakyat,” kunci Sualang yang terpilih sebagai wakil rakyat di DPRD Sulut nanti.

Penulis : Agustinus Hari, Meikel Eki Pontolondo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed