oleh

Teater Jio GMIST Imanuel Ondong Raih ‘The Best’ Festival Teater Sulut

-Seni-1.362 views

Bitung, Barta1.com – Sanggar Teater Jio dari jemaat GMIST Imanuel Ondong, Kabupaten Kepulauan Sitaro, akhirnya terpilih sebagai ‘The Best’ atau grup terbaik pertama dalam Festival Teater Remaja (FTR) se-Sulut yang diselenggarakan Sanggar Tangkasi Bitung.

Pada malam pengumuman pemenang dan anugerah festival teater yang berlangsung di Gedung Kesenian Kota Bitung, Sabtu (11/5), Teater Jio selain berhasil meraih grup terbaik pertama kategori Remaja, atau tingkat SLTP, juga menyabet 4 penghargaan sekaligus yaitu: Sutradara Terbaik atas nama Maradona Dauhan, Aktor Terbaik atas nama Leonsius River Pinamangung, Aktor Pendukung Terbaik atas nama Malfino Carlos Pantas, Penata Musik Terbaik atas nama Dornius Sibbu.

Penyerahan trophy dan penghargaan grup terbaik pertama diserahkan oleh Presiden Teater Tangkasi Bitung Leonardo Axsel Galatang kepada Wakil Ketua BPMJ GMIST Imanuel Ondong, Pnt Drs Lukas P Karel.

Dalam FTR yang dihelat selama empat hari, sejak 30 April hingga 3 Mei 2019 di Gedung Kesenian Kota Bitung tersebut, Teater Jio menyajikan lakon “Dendang Bocah Gelombang” karya dramawan Leonardo Axsel Galatang.

Maradona Dauhan, sutradara grup teater tersebut mangatakan, lakon “Dendang Bocah Gelombang” mengisahkan konflik sosial antara masyarakat pesisir dengan para pemilik modal yang berniat menggusur tempat pemukiman mereka.

“Lakon yang mengusung kritik social ini selain menarik sebagai bahan refleksi, juga menantang untuk digarap karena setiap babakannya membutuhkan tafsir dari sisi tata artistic,” ungkap Dauhan.

Teater Jio sendiri, kata dia, adalah kelompok remaja usia SLTP. Untuk bisa masuk dalam konsep pemeranan setiap karakter tokoh dalam lakon, dilewati dengan proses latihan yang cukup panjang. “Saya gembira anak-anak Jio mampu tampil maksimal dalam festival ini,” ujar sutradara yang juga Koordinator PKH Kabupaten Kepulauan Sitaro ini.

Sementara itu, Komisi Seni Jemaat GMIST Imanuel Ondong, Pnt Rian Takasengseran mengatakan, tujuan utama kesertaan Grup Teater Jio di FTR se-Sulut di Bitung, selain merupakan program kerja pelayanan Komisi Remaja Jemaat GMIST Imanuel Ondong, juga dalam rangka mendukung program pemerintah Kabupaten Sitaro dalam pembinaan kesenian dan pembangunan karakter generasi muda.

Sebelum tampil di ajang FTR Bitung, kata Rian, sebagai persiapan, Teater Jio telah lebih dulu mengadakan Pagelaran Pentas Seni Teater di Aula Kadademahe Ondong Siau Barat, Rabu 3 April 2019 lalu.

Rian juga mengungkap rasa terima kasih kepada BPMJ GMIST Imanuel Ondong, anggota Jemaat, serta Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro, yang telah mendukung penuh kesertaan Teater Jio di ajang festival teater kali ini. (*)

Penulis: Albert P Nalang

Barta1.Com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed