oleh

RSU Liung Paduli, Siapkan Pelayanan Kesehatan Perdana

Sangihe, Barta1.com – Rumah Sakit Umum (RSU) Liung Paduli, yang berlokasi di Kecamatan Tabuian Utara, saat ini tengah mempersiapkan layanan kesehatan perdana.

Hal ini disampaikan dr Handry Pasandaran selaku direktur rumah sakit tersebut. “Benar saat ini sementara bekerja mempersiapkan berbagai dokumen perencanaan anggaran, serta regulasi yang dibutuhkan untuk pelayanan kesehatan perdana,” ujarnya, di Tahuna, Kamis (9/5/2019).

Pasandaran menjelaskan persiapan yang dilakukannya selama ini antara lain penyiapan SDM, tenaga kesehatan dan non kesehatan, pemenuhan sarana dan prasarana penunjang seperti ambulans, obat, BHP medis, dokumen rekam medik.

Demikian juga kesiapan dukungan anggaran operasional, dan berbagai dokumen regulasi tata kelola klinis dan tata kelola keuangan serta izin operasional alat kesehatan. “Sedagkan kerjasama dengan pihak BPJS Kesehatan, direncanakan proses rawat jalan akan diupayakan beroperasi sekitar bulan September-Oktober 2019 setelah semua kebutuhan pendukung itu terpenuhi,” papar mantan Direktur RSU Liung Kendage Tahuna ini.

Sementara itu khusus pelayanan untuk rawat inap dan UGD 24 jam menurutnya telah direncanakan akan dimulai antara bulan Oktober-Desember 2019. “Rencana jenis pelayanan kesehatan yang disiapkan adalah sesuai jenis pelayanan kesehatan rujukan pada RS Kelas D yakni pelayanan spesialis dasar yakni spesialis anak, kandungan dan kebidanan, penyakit dalam, bedah, mata,” jelasnya.

Peliput : Rendy Saselah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed