oleh

Penyebab 6 Ton Ikan di Sangihe Mati Harga

Sangihe, Barta1.com – Putus asa, sempat berfikir membuang ikan hasil tangkapan di tengah laut, Junawir Stirman membawa kurang lebih 6 ton ikan hasil tangkapannya dijual murah di Pelabuhan Tua Tahuna, Rabu (8/5/2019).

Masyarakat berbondong-bondong dengan membawa tas dan mengambil ikan semampu mereka bisa membawa pulang dengan harga berapa saja. Persoalannya tak lain, ialah tidak ada ketersediaan stok es batu untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan.

Sedang perusahaan pengolahan ikan yang ada di Dagho, mengaku belum bisa membeli ikan-ikan tangkapan mereka. Alhasil kerugian sebesar 80 an juta tak terhindarkan. “Pihak perusahaan sudah datang di rumah beberapa hari lalu, mereka katakan belum bisa membeli ikan,” kata dia.

Memang menurutnya, kendala utama adalah es. Orang-orang di pasar pengecer-pengecer sebanarnya banyak mau mengambil 10 sampai 30 keranjang. “Kalau ada es bisa berkurang ikan tangkapan kami. Ini tidak ada es semua. Habis. Memang ada rencana mau dilucur di tengah laut sana, tapi untung ada yang menawarkan mau mengolahnya menjadi ikan garam,” pungkas Junawir.

Sementara itu, warga yang enggan namanya disebutkan mengatakan, peristiwa ini ada baiknya menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah untuk bagaimana mencari solusi menyelamatkan hasil tangkapan nelayan. “Bisa dibayangkan kerugian mencapai ratusan juta sudah tak terhindarkan lagi,” ungkapnya.

Peliput : Rendy Saselah

Barta1.Com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed