oleh

Siapa Dua Terduga Teroris Tertangkap di Pelabuhan Bitung?

Manado, Barta1.com – Dua orang terduga teroris yang diamankan Densus 88 dan tim Wanteror Satbrimob Polda Sulut, di Pelabuhan Penumpang Samudera Bitung, pada Kamis (2/5/2019) lalu.

Keduanya adalah RH alias Edo alias Krio, dan MS alias Musa. Mereka kini telah dibawa ke Jakarta sebelumnya, sempat ditahan di Mako Brimob Sulut di Paniki, Mapanget.

“Penangkapan dua terduga teroris juga didukung personel dari Polda Sulut. Jadi, kita cuma back up pengamanannya saja. Dan keduanya bukan warga Sulut,” ujar Kabid Humas Polda Sulut, Kombes Pol Ibrahim Tompo, di Mapolda Sulut, Selasa (7/5/2019).

Ia menjelaskan Polda Sulut melakukan langkah antisipasi pasca tertangkapnya terduga teroris di wilayahnya pada Kamis 2 Mei 2019 lalu. “Kita tetap intens melakukan pengawasan terhadap potensi teroris di Sulut. Untuk kegiatan kegiatan-kegiatan tertentu, kita menggunakan sistem pengaman yang cukup ketat. Misalnya, scanning dan pemeriksaan dengan alat pendeteksi bom,” katanya.

Dia juga mengatakan untuk daerah perbatasan Sulut saat ini situasinya relatif aman. “Dan tidak ada aktivitas yang mengganggu kegiatan masyarakat serta tidak ada perubahan yang signifikan,” kata Ibrahim.

Namun, patroli pemantauan, pola pembinaan kepada masyarakat, dan intelijen terus dilakukan. “Intinya, apabila sesuatu hal dicurigai mohon diinfokan kepada aparat,” ujarnya.

Diketahui, dua terduga teroris yakni RH adalah pria kelahiran Titirante, Lampung pada 28 Maret 1982, sedangkan Musa adalah pria kelahiran Pulau Brandan, Sumatera Utara, 3 Februari 1990.

Sebelumnya, Kapolres Bitung, AKBP Stefanus Michael Tamuntuan, dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut. “Menurut info yang saya dapat bahwa benar ada penangkapan terduga teroris di Pelabuhan Bitung,” ujarnya.

Selain di Kota Cakalang Bitung, Densus 88 juga melakukan penangkapan terduga teroris lainnya di sejumlah tempat di Jawa Barat, Sulawesi, Tegal hingga Jawa Tengah. Rentetan penangkapan tersebut bermula dari operasi Densus 88 Antiteror Polri di Bitung, Sulut, Kamis, (2/5/2019).

Peliput : Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed