oleh

SSB Satria Muda Tule Eksis Dalam Keterbatasan

Talaud, Barta1.com — Semangat pesepak bola muda di Kabupaten Kepulauan Talaud tetap terjaga walaupun masih diselimuti oleh keterbatasan sarana maupun prasarana. Salah satu Tim Sekolah Sepak Bola (SSB) Satria Muda Tule yang memboyong 12 pemain mengikuti kegiatan Liga Pelajar Haornas Piala Menpora U-12 di Stadion Dua Sudara Bitung, 4 Mei 2019.

Alfret L Tinengke, pelatih merangkap manajer Tim SSB Satria Muda Tule, menyatakan perjuangan bersama teman-temannya untuk mengatasi keterbatasan sarana prasarana dalam mengembangkan potensi yang dimiliki oleh anak-anak asuhannya. Di antaranya adalah kisah tentang dirinya yang memboyong 12 orang anak asuhannya untuk mengikuti LIGA Pelajar yang juga diikuti 5 tim lainnya dari tanah Porodisa.

“Ya, memang semua masih kurang, karena biaya keberangkatan itu partisipasi orang tua yang memiliki anak anggota SSB,” ujar Tinengke saat dijumpai di rumahnya, Senin (06/05/2019).

Sedangkan untuk melakukan latihan, dirinya menerangkan, sarana prasarana yang mereka gunakan masih jauh dari kata layak bagi upaya pengembangan potensi anak-anak muda yang bergabung dalam SSB yang didirikannya sejak 14 September 2016 silam.

“Kami melakukan latihan dengan sarana prasarana penunjang masih kurang,” kata Tinengke.

Pria kelahiran Desa Tule, Kecamatan Melonguane ini menjelaskan juga tentang prestasi yang sudah diraih oleh SSB yang dibesarkannya bersama Handri Rumegang.

Tim binaanya pernah meraih juara 2 Liga pelajar U-12 seri Kabupaten kepulauan Talaud 2019 dan menjadi perwakilan Talaud untuk putaran Provinsi di Bitung. Selain itu 3 pemain asuhannya mendapatkan sertifikat sebagai pemain terbaik yaitu; Smict Tamaroba, Reipan Puasa serta Riski Wenda.

SSB ini mencatatkan dirinya sebagai Juara 1 Liga pelajar U16 seri kabupaten kepulauan Talaud tahun 2018 dan Juara 3 U16 seri Provinsi di Tondano 2018. Bahkan, salah satu pemain binaan SSB Satria Muda Tule dipanggil untuk memperkuat Persma Manado pada Piala Suratin tahun 2018 yaitu Veron Tinengke yang juga sebagai top skorer Piala Menpora U16 tahun 2018 dengan torehan delapan (8) gol.

Tinengke mengungkapkan harapannya ke depan SSB Satria Muda Tule mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat.

“Harapan ke depan terkait dengan sarana prasarana, kiranya ada perhatian pemerintah untuk peningkatan Infrastruktur Olahraga di Kabupaten Kepulauan Talaud sebagaimana amanat Inpres nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Indonesia,” kata dia. (*)

Peliput : Evan Taarae

Barta1.Com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed