oleh

Dari FH Unsrat Manado Gelorakan Semangat Merawat Kebangsaan

Manado, Barta1.com – Saling klaim suara hingga ancaman people power bergema pasca Pemilu 2019. Berbagai pihak pun berupaya meredam situasi ini dengan menyelenggarakan kegiatan positif yang mengelorakan semangat kebangsaan.

Di Manado, Sulawesi Utara, gelora dan semangat kebangsaan itu dicanangkan dari Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat). Lewat Seminar Nasional bertajuk ‘Merawat Kebangsaan Pasca Pemungutan Suara Pemilu 2019” pada Senin (29/04/2019) di Aula FH Unsrat Manado.

Tak kurang 250 mahasiswa dengan seksama mendengar pemaparan, Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi, dan pembicara tamu: Rama Suparmin (Tenaga Ahli DKPP RI) yang dipandu moderator Dr Ferry Daud Liando, Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unsrat.

Herwyn Malonda dan Salman Saelangi berharap usai Pemilu 2019, masyarakat kembali bekerja dan beraktivitas seperti biasanya. “Kami juga akan menyelesaikan tugas kami sebagai penyelenggara pemilu,” tutur keduanya.

Staf Ahli DKPP RI, Rama Suparmin, menyampaikan sejauh ini ada penyelengara Pemilu di Sulut yang dilaporkan ke DKPP. “Kasusnya sudah ada yang disidangkan,” ujarnya.

Meski begitu, DKPP RI bersama KPU dan Bawaslu Sulut mengapresiasi FH Unsrat Manado yang telah menginisiasi upaya menggelorakan semangat dalam merawat kebangsaan. “Rasa solidaritas, rasa hormat dan rasa saling menghargai dalam semangat persatuan memperkuat NKRI harus terus dijaga,” ujar Rama.

Dekan FH Unsrat Manado, Dr Flora Kalalo SH MH mengatakan Seminar Nasional ini merupakan wadah bagi mahasiswa untuk memahami makna persatuan. “Sebagai pemuda dan pemudi harapan bangsa, mahasiswa harus memahami rasa kebersamaan dan kebangsaan. Kita harus kawal itu,” kata Flora didampingi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Toar Palilingan.

Seminar diakhiri dengan ikrar bersama merawat kebangsaan yang ditandai dengan pembacaan Sumpah Pemuda oleh Aldi Sumangando, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Pemerintahan FISIP Unsrat.

Peliput : Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed