oleh

Sangihe Peringati Hari Otonomi Daerah ke-23

Sangihe, Barta1.com – Memperingati Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-23, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe menggelar upacara bendera, di Rumah Jabatan Bupati, Kamis (25/4/2019).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Wakil Bupati (Wabup) Helmud Hontong, menyampaikan amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo terkait peringatan Hari Otonomi Daerah 2019 yang bertema: Meningkatkan Sumber Daya Manusia Indonesia Melalui yang Kreatif dan Inovatif.

“Tema ini merupakan deskripsi dari eksistensi masyarakat kepada Pemerintah meningkatkan SDM dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan,” kata Hontong.

Hontong dalam sambutannya mengatakan perjalanan otonomi daerah pasca reformasi ditetapkan pada kemajuan yang telah dicapai. Untuk memajukan daerah, dimana masyarakat didorong dan diberikan kesempatan yang luas mengembangkan kreatifitas.

“Otonomi daerah mampu meningkatkan daya saing dan memperhatikan pemerataan, keadilan, keistimewaan, serta potensi keanekaragaman daerah. Otonomi daerah telah mendorong budaya demokrasi dikehidupan masyarakat, juga mampu memberikan nuansa baru dalam sistem Pemerintah Daerah,” ungkap Wabup.

Ditambahkannya, dalam penyelenggaraan otonomi daerah, tidak dapat menganggap masyarakat sebagai konsumen pelayan publik. Tapi dituntut untuk memperlakukan masyarakat termasuk meningkatkan kualitas SDM.

“Untuk itu semua ASN harus memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik. Sebagai wujud pelaksanaan reformasi borokrasi di Provinsi dan Kabupaten/Kota,” tambah Hontong.

Hadir dalam upacara itu, Sekda Edwin Roring SE, para Asisten, Staf Ahli dan ASN dilungkup Pemkab Sangihe.

Peliput : Rendy Saselah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed