oleh

Wajah Baru yang Berpeluang Duduki Dewan Kota Manado

-Berita, Polmas-8.524 views

Manado, Barta1.com — Dari daerah pemilihan (dapil) Singkil-Mapanget, Rosalita Manday dan Yusack Walo telah mengklaim raupan suara signifikan untuk mengantar kedua politisi ini menduduki DPRD Kota Manado. Mereka adalah 2 di antara sejumlah wajah baru yang diprediksi tampil sebagai wakil rakyat anyar hasil Pemilu 2019.

“Perolehan suara yang masuk dari 150 TPS di Kecamatan Singkil, jumlahnya cukup signifikan dengan perolehan 2.760 suara, kemungkinan besar masih bisa bertambah,” sebut Roy Onu, dari tim pemenangan Rosalita Yulianti Manday, Caleg PDIP, Jumat (19/04/2019) lalu pada Barta1.

Hal senada diungkapkan Ketua PK Partai Golkar Kecamatan Singkil, Josep Dede Manahampi. Dia menyentil nama Yusack Lesman Walo, Caleg nomor urut 6.

“Menurut saya, Yusack Lesman Walo lebih berpeluang meraih 1 kursi tersebut, dari 8 nama Caleg Golkar Dapil Singkil-Mapanget,” ujar Josep.

Di Singkil-Mapanget selain keduanya, juga mencuat politisi baru lainnya yang berpeluang menembus ‘Tikala’ antara lain Fransesca Kolanus (Demokrat) dan Vecky Wowor (Hanura).

Pleno rekapitulasi penghitungan suara sendiri masih bergulir hingga hari ini, Rabu 24 April 2019. Soal siapa calon wakil rakyat yang menjadi pemenang di dapil masing-masing masih harus menunggu hasil penetapan KPU Manado. Namun Barta1 sempat menelusuri beberapa politisi baru yang diprediksi akan menjadi wakil rakyat di dewan kota Manado. Menariknya, beberapa di antara mereka masih terhitung belia.

Di Dapil Sario-Malalayang tak disangka politisi perempuan dari PDIP, Christy Masengi, berpeluang besar. Kabarnya Christy bisa menyapu perolehan suara dari basis-basis pendukung politisi PDIP lainnya yang notabene masih jauh lebih senior dari dia.

Nama lainnya dari dapil ini adalah perempuan berlatar pengusaha kuliner Jane Sumilat dari PDIP, juga merupakan wajah baru yang punya peluang sama seperti Christy Masengi. Sedangkan dari Demokrat ada nama Michael Towoliu, politisi baru berlatar jurnalis.

Uniknya, kakak kandung Michael, Stenly Towoliu, juga berpeluang besar mencuri 1 kursi ke dewan kota dari dapil Wenang-Wanea. Stenly adalah politisi PAN yang juga pernah menjadi jurnalis dan dikenal vokal menyuarakan aspirasi masyarakat. Wenang-Wanea turut memunculkan nama Jein Laluyan PDIP), Jimmy Gosal (PDIP) serta Nando Salu (Hanura).

Sementara dari Tuminting-Bunaken, Caleg PDIP Zacharias Tatukude kabarnya sudah mengamankan 1 kursi. Tak ketinggalan politisi anyar Partai Golkar, Ridwan Marlian dan Suyanto Yusuf dari PKS.

Persaingan antar-Caleg di dapil Tikala-Paal 2 ternyata cukup ketat. Namun kabar beredar Aaltje Dondokambey (PDIP), Andre Gerungan (PDIP) dan Conny Rares (Golkar) punya kans kuat mendapat jatah kursi. (*)

Penulis: Ady Putong

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed