oleh

H-1 Pemilu, Penumpang Membludak di Pelabuhan Manado

Manado, Barta1.com – Ratusan penumpang dari tiga kabupaten kepulauan yakni Talaud, Sangihe, dan Sitaro memadati Pelabuhan Manado, Senin (15/4/19). Mereka pulang kampung untuk menyalurkan hak pilihnya jelang Pemilu 17 April 2019.

Melsafat Sambai, salah seorang mahasiswa asal Ulu Siau kampung Dame mengatakan bahwa kepulangannya ke kampung halaman agar bisa ikut menyalurkan hak suaranya pada pesta demokrasi setiap lima tahun sekali.

“Saya sengaja pulang hari ini karena takut adanya lonjakan pada H-1 jelang pencoblosan, meski diakuinya, saat ini dirinya masi ada jadwal kuliah,” ungkap Melsafat kepada Barta1.com.

Meski proses perkuliahan masih berlangsung Selasa hari ini, namun tidak apa-apa tidak kuliah hanya karena ingin memberikan hak suara sesuai hati nurani. “Saya alpa dulu kuliah demi Pemilu 2019,” terangnya.

Senada disampaikan Melki Halean, warga Talaud. Ia mengatakan, kepulangannya agar bisa ikut mencoblos. “Saya tidak mau ketinggalan memberikan hak suara di Pemilu tahun 2019 ini,” tutur salah satu aktivis ini.

Padatnya penumpang membuat sebagian besar diantara mereka tidak memperoleh tiket ranjang, dan hanya membeli tiket alas atau kasur untuk keberangkatan sore itu.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Lintas Utara Line (LUL) dan Asosiasi Perkapalan Bongkar Muat Indonesian (APBM) Kota Manado Yusak Lesman Walo mengakui, lonjakan penumpang terjadi sejak Minggu (14/4/19).

“Ini berkaitan dengan warga yang pulang memilih di daerah asalnya. Sejak minggu kemarin terjadi lonjakan penumpang dan diperkiraan puncak kepadatan terjadi H-1 pencoblosan,” jelas Yules Jo.

Peliput : Albert P Nalang

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed