oleh

FH Unsrat Manado Tembus Empat Besar Kompetisi Debat Konstitusi

Manado, Barta1.com – Meski bukan sebagai jawara pada Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa Nasional ke-XII, Fakultas Hukum Unsrat Manado memperoleh hasil yang luar biasa. Anak-anak didikan Dr Flora Kalalo SH MH ini finish di posisi ke empat dari 24 perguruan tinggi ternama di Indonesia Bagian Timur.

Lomba Debat Konstitusi Mahasiswa Perguruan Tinggi se Indonesia XII Bagian Timur yang diadakan di Sulawesi Utara resmi ditutup Sekjen Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, M Guntur Hamzah.

“Kami bangga berada diperingkat empat. Awalnya kami pikir hanya bisa juara grup saja sudah bagus, mengingat para peserta sangat luar biasa semuanya,” ujar Flora di Lantai 5 Gedung Fakultas Hukum Unsrat Manado, Sabtu (13/4/2019).

Dia juga mengungkapkan dari lomba debat konstitusi ini diharapkan mahasiswa mampu menyampaikan nilai-nilai penting Pancasila kepada orang lain.

“Paling tidak memudahkan tugas Mahkamah Konstitusi dalam mensosialisasikan Pancasila dan Konstitusi kepada masyarakat,” tambah Flora sembari dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai isu konstitusi.

Hasil ini patut disyukuri karena bisa lolos sampai dengan empat besar hingga mengantar FH Unsrat ke final nasional di Jakarta pada Agustus nanti. “Apalagi sudah cukup lama tidak merasakan lolos ke debat tingkat nasional,” ujar Toar Palilingan, dosen pembimbing regu Fakultas Hukum Unsrat.

Ia mengatakan, persiapan tim ke tingkat nasional di Jakarta akan lebih fokus lagi. “Lomba kemarin sudah terlihat mana yang harus kami pertajam persiapannya,” ujar Toar.

Sementara tiga besar hasil lomba debat tersebut yakni juara 1 Universitas Airlangga Surabaya, juara 2 Universitas Surabaya (Ubaya) dan juara 3 Universitas Muhamaddiyah Malang. Praktis hanya Unsrat bisa mematahkan dominasi kampus-kampus dari Jawa Timur. Tak hanya empat universitas tadi yang lolos ke lomba nasional di Jakarta, namun secara keseluruhan dari Indonesia Timur meloloskan 8 tim ke Jakarta.

Penulis : Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed