oleh

Ratusan Karung Sampah Plastik Diangkat dari Sungai di Tuminting

Manado, Barta1.com — Pegiat lingkungan dan pemerintah bahu-membahu membersihkan anakan sungai di Kelurahan Mahawu Kecamatan Tuminting, Sabtu (10/04/2019). Dalam aksi para pihak mengumpulkan seratusan karung berisi sampah plastik.

“Kurang lebih 100 karung bisa kami isi dengan sampah botol plastik kemasan air mineral dan lainnya dari aksi ini, mudah-mudahan bisa mengurangi pencemaran sungai dan menyadarkan masyarakat sekitar,” kata Dirgantara Lapian dari Sekolah Kuala Manado (SKM), salah satu kelompok edukasi lingkungan yang bergiat dalam aksi tersebut.

Pemrakarsa kegiatan ini selain SKM juga tim dari Balai Wilayah Sungai Sulawesi I serta Badan Lingkungan Hidup Kota Manado. Mereka ‘berjibaku’ di area sungai sejak pukul 07.00 Wita. Wakil Kepala SKM, Denny ‘Dentar’ Taroreh menyebut tujuan aksi ini guna memantik kepedulian warga untuk menjaga sungai tetap bersih.

“Kedua untuk mengambil simpati dan empati dari masyarakat setempat, agar bisa bersama-sama untuk menjaga dan melestarikan sungai. Dan yang ketiga untuk membantu pemerintah dalam hal untuk menjaga lingkungan kita tetap sehat,” kata Dentar, seraya menyebut SKM akan membuat model edukasi lingkungan khusus untuk siswa SD dan SMP.

Aksi bersih-bersih Sungai Mahawu diikuti 11 anggota SKM, 30 tenaga harian lepas (THL) badan Lingkungan Hidup dan pihak Balai Sungai sebagai pengontrol kegiatan 2 orang. (*)

Peliput: Meikel Pontolondo

Barta1.Com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed