oleh

Kampanye Hotel Ibis Manado Kurangi Sampah Plastik

Manado, Barta1.com – Hotel Ibis Manado punya cara sendiri mengurangi penggunaan plastik dengan program Free Single Used Plastics.

“Upaya ini dilakukan dengan mengurangi penggunaan botol plastik dan pengurangan penggunaan sedotan plastik,” ujar General Manager Ibis Manado City Center Boulevard, Afif Khairi, dalam konferensi pers, di Ibis Kitchen Restaurant Kamis (11/4/2019).

Didampingi Kadis Pariwisata Sulut, Daniel Mewengkang, Afif Khairi mengatakan hal yang mendasari Ibis Manado melakukan kampanye pengurangan penggunaan botol plastik yaitu sebagai upaya mengurangi sampah plastik.

“Meningkatkan kesadaran akan bahaya penggunaan produk plastik, sesuai dengan larangan penggunaan plastik sekali pakai (sing/e-use plastic). Contohnya, kantong plastik. sedotan, pengaduk kopi, botol soda dan air. Dan sebagian besar kemasan makanan yang dideklarasikan oleh pemerintah Sulawesi Utara pada 4 April 2018,” ujarnya.

Kemudian kata dia, ini juga bagian dari program AccorHotels planet 21 yang berhubungan dengan ramah lingkungan serta menjaga kelangsungan hidup planet kita dengan berbagai hal-hal kecil.

“Salah satunya yaitu dengan tindakan kami yaitu mengurangi penggunaan plastik di hotel mulai dari botol plastik dan sedotan plastik. Kami menyediakan waterjug/cerek air disetiap kamar sebagai ganti botol plastik air mineral sekali pakai. Waterjug bisa diisi ulang dengan air mineral yang tersedia di dispenser setiap koridor. Dispenser air disebarkan di setiap lantai,” beber Afif.

lnisiatif ini didukung AKE. Meski begitu cara memudahkan para tamu mengikuti program Ibis Manado maka dibutuhkan bantuan dari semua staf yang sedang melayani tamu di kamar.

Dengan cara menawarkan untuk membantu mengisi ulang waterjug yang sudah kosong. Tetapi. apabila tamu tetap ingin menggunakan air mineral di dalam botol plastik, tetap disediakan.

“Saat ini sedotan plastik di restoran tidak lagi kami sediakan. Kami menyiapkan sedotan dari kertas yang ramah lingkungan dan disiapkan bila ada permintaan dari tamu. Untuk memudahkan para tamu maka sangat dibutuhkan bantuan dari semua staf yang sedang melayani dapat menjelaskan tujuan dari penggantian sedotan ini,” ujarnya lagi.

Ditambahkan, nanti setiap lantai mulai dari lobi, meeting room hingga lantai kamar dierikan x-banner terkait kampanye ini agar memudahkan para tamu mengerti program yang kami kerjakan ini sebagai bentuk mendukung kegiatan pemerintah yang ramah lingkungan serta menjaga kelangsungan planet kita.

“Ibis Manado City Center Boulevard optimis tahun ini dapat mengurangi pemakaian botol plastik sekali pakai. Kendati keberhasilan dari inisiatif ini sangat ditentukan oleh bagaimana cara kita menjelaskan ke tamu. Apabila kita mampu menjelaskan dengan baik maka pesan ini akan tersampaikan dengan baik pula.

Apabila tamu tetap lingin menggunakan air mineral didalam botol plastik, maka akan tetap disediakan. Kami berharap program ini akan mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat,” kunci Afif.

Editor : Agustinus Hari

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed