oleh

Pesan Uskup Rolly Untu di Minggu Pra Paskah Kedua

Minahasa, Barta1.com – Uskup Manado, Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC, mengingatkan tentang makna kesederhanaan yang dijalankan oleh Santo Josep. “Bagi umat Katolik, hari ini adalah Minggu Pra Paskah kedua,” ujar Mgr Untu saat melantik Dewan Pastoral Paroki (DPP) Santu Josep Kawangkoan Periode 2019-2022, serta Panitia Pertemuan Raya dan Konferensi Kaum Bapak Katolik (KBK) Keuskupan Manado tahun 2021, di Gereja Katolik Santu Josep Kawangkoan, Minggu (17/3/2019).

Ia mengatakan Pra Paskah atau Ret-ret Agung Umat Katolik selama 40 hari. Dalam tradisi Katolik, masa ini diisi dengan tiga hal yakni doa, puasa dan amal, juga aksi puasa pembangunan.

Selain merayakan Minggu Pra Paskah kedua, lanjut uskup, secara khusus Umat Katolik di Kawangkoan merayakan Pesta Pelindung Paroki yakni Santu Josep yang diperingati pada 19 Maret. “Diperingati Santu Josep sebagai suami Maria. Pelindung Keluarga Kudus,” ujarnya.

Uskup mengungkapkan, dalam kalender liturgi Masa Pra Paskah Kedua, bacaan tentang Yesus menampakkan diri di Gunung Tabor atau yang dikenal dengan peristiwa Transfigurasi.

“Peristiwa ini disaksikan Petrus, Yakobusdan Yohanes. Juga ada Musa dan Elia. Yang maus ditampilkan adalah, ada kemuliaan dalam diri Yesus, meski dalam kesehariannya Yesus begitu sederhana,” ujar uskup lagi.

Uskup menambahkan, di balik sosok Yesus yang sederhana ternyata punya kemuliaan yang datang dari Bapa di Surga. “Kaitannya dengan Santu Josep. Adalah sosok sederhana, seorang tukang kayu. Diangkat menjadi bapak pengasuh Yesus dengan segala kemuliaanNya,” katanya.

Usai menyampaikan khotbahnya, uskup didampingi Pastor Paroki St Yosep Kawangkoan, Pastor Siprianus Motoh Pr melantik Dewan Keuangan Paroki (DKP), DPP, dan Dewan Pastoral Stasi (DPS). Selain itu juga dilantik Panitia Pertemuan Raya dan Konferensi Kaum Bapak Katolik (KBK) Keuskupan Manado tahun 2021.

DPP yang dilantik adalah Koordinator I Bidang Kerohanian, Fredericus Theodorus Lumi, Koordinator II Bidang Organisasi dan Kaderisasi, Nicolas Silester Polii, Koordinator III Bidang Pembangunan, Yani Rondonuwu, Sekretaris Vano Vanus Sumilat, Bendahara Veckie Rudolf Lumintang.

Sedangkan Panitia Pertemuan Raya dan Konferensi Kaum Bapak Katolik (KBK) Keuskupan Manado tahun 2021 yang dilantik adalah, Ketua Fredericus Theodorus Lumi, Wakil Ketua I Iptu Antonius Tumbelaka, Wakil Ketua II Niko S Poli, Wakil Ketua III Yoseph E Ikanubun.

Sekretaris Budi Suparman, Wakil Sekretaris I Marlon Mondong, Wakil Sekretaris II Ewin Tandayu, Bendahara Feity Aroran, Wakil Bendahara I Yani Singal, dan Wakil Bendahara II Erik Arwandi.

Editor : Agustinus Hari

Barta1.Com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed