oleh

Dana Desa Capai 1 Miliar, Wakil Bupati Sitaro Minta ada Bumdes

Sitaro, Barta1.com — Rata-rata nilai anggaran Dana Desa (Dandes) dan Alokasi Dana Desa (ADD) setiap kampung di Kabupaten Kepulauan Sitaro sudah mencapai Rp 1 miliar. Untuk itu Wakil Bupati Sitaro Drs John Palandung MSi meminta agar semua kampung wajib memiliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Dengan anggaran yang tidak sedikit setiap tahunnya, menurut Palandung, memiliki manfaat yang sangat besar terhadap kampung itu sendiri apabila dikelola secara baik dan pertanggungjawab.

“Bumdes adalah salah satu pemanfaatan yang tepat sasaran, karena selain melibatkan masyarakat, juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” kata Palandung, Kamis (14/03/2019) pada awak media.

Pada prinsipnya, pendirian dan pengelolaan Bumdes merupakan wujud dari pengelolaan ekonomi produktif desa.

“Jika dikelola secara serius maka Bumdes akan berjalan secara efektif dan efek dominonya terhadap kampung khususnya kehidupan masyarakat,” tukas Palandung.

Dari penelusuran Barta1.Com, ada beberapa desa di Sitaro memilik Bumdes yang dikelola maksimal dan transparan, yakni Kampung Beong di Kecamatan Siau Tengah (Siteng) dan Kampung Dame 1 (Satu) di Kecamatan Siau Timur. Unsur pimpinan kedua kampung ini memastikan pengelolaan Bumdes melibatkan seluruh elemen masyarakat.

“Saat ini Bumdes di Kampung Beong dilaksanakan dengan melihat potensi yang ada di kampung ini yakni sumber daya kampung serta sumber daya manusianya. Sekarang Bumdes telah dikelola dan memberikan manfaat yang cukup besar terhadap masyarakat pengelola, bahkan kami sudah memiliki kendaraan roda empat untuk menunjang kegiatan BUMDes,” tutur Hervie Mandak, Kapitalau (kepala desa) Kampung Beong.

Selain Mandak, Pjb Kapitalau Kampung Dame Satu, Ivone Joseph STh mengungkapkan, aktifitas Bumdes di kampungnya juga melibatkan masyarakat. Salah satu lapangan usaha yang sudah berjalan dan terus didorong yakni perbengkelan.

“Kami juga sedang melihat potensi-potensi lainnya yang bisa dikembangkan, tentu disesuaikan dengan peluang dan juga potensi kampung ini,” ungkap Ivone. (*)

Peliput: Stenly Rein Mes Gaghunting

Barta1.Com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed